https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Welcome to MTs Muning—II

30 Jun 2015


2015-Tampak Depan MTs Muning
2015-Tampak Depan MTs Muning

Setelah Diterima Masuk

     Ahamdulillah setelah ada pengumuman saya diterima masuk di MTs Muning, ibu saya segera mengurus pembayaran daftar ulang(waktu itu 2jt kurang sedikit) dan mendapat perlengkapan sekolah serta kain untuk dijadikan seragam. Ada empat jenis kain seragam, yaitu putih, biru laut, dan pramuka serta kain celana biru tua sama coklat untuk masing-masing seragam.

     Saya sama ibu menjahitkan seragam di penjahit Mba Ani Mondo, dan ternyata putra Mba Ani juga lulusan MTs Muning tahun lalu. Kita ngobrol-ngobrol disana sambil mengukur tinggi dan lingkar dada saya agar pas dengan seragam. Karena saya masih usia pertumbuhan(13), Mba Ani tahu harus gimana dengan seragam saya nantinya. Nah setelah tahu ukuran badan saya seperti apa(saya kurus kecil si), lalu tiap-tiap satuan panjang yang telah terukur ditambah 2 cm pada seragam yang akan dibuat. Tujuannya ya mengantisipasi agar seragam tidak kekecilan sembari saya bertumbuh kembang setiap hari. Oiya, waktu ini pertengahan bulan Ramadhan.

Mulai Mengenal MTs Tercinta

     Hari selasa, 30 Juni 2015 adalah hari MOPD(Masa Orientasi Peserta Didik) baru, dulu namanya MOS(Masa Orientasi Siswa). Ya wajarlah kalau ganti mendikbud juga ganti kebijakan pula. Dan mulai tahun 2016 berubah lagi namanya menjadi PLS(Pengenalan Lingkungan Sekolah) untuk SMP-SMA, sedangkan untuk kalangan madrasah seperti MTs, MA berubah menjadi MATSAMA(Masa Ta'aruf Madrasah). Intinya ama aja si sebenarnya, memperkenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru. Hanya beda penyebutan istilah aja.

     Hari itu sekitar kurang dari 400 siswa baru diarahkan masuk kedalam aula belakang buat briefing(sosialisasi) dan pembagian kelas sementara oleh Miss Aida. (Kelas sementara itu semacam kelas buat MOPD aja, bukan kelas tetap buat KBM 3 tahun kedepan nanti). Ketika itu saya duduk di barisan tengah, dan samping saya ada anak yang unik. Dia ngikutin apa yang saya lakuin, misalnya waktu itu saya duduk dengan lutut ditekuk lalu saya luruskan ke depan, anak itu ternyata juga ngikutin gaya duduk saya, haha.

     Lalu waktu pembagian kelas sementara selesai, saya dapat kelas 7E begitupun anak itu. Saya beranikan diri buat jalan dan ngobrol bareng dia menuju kelas. Kita putuskan buat duduk sebangku dikelas nanti, cuih. Setelah ngobrol-ngobrol, saya ketahui nama dia Mu(Zakky) anak Desa Bujel. Dia inilah teman kenalan pertama saya di MTs Muning. 

     Waktu itu juga saya mulai memperkenalkan diri dengan bukan nama panggilan seperti biasa. Nama saya Ulil Absor Isomudin. Di rumah biasa dipanggil Isom, tapi di MTs nyatanya enggak. Saya dipanggil Ulil oleh orang yang meskipun cuma tahu dari lihat nametag saya. Begitu juga Zakky, sebenarnya nama dia Ahmad Fikril Al-Muzakky. Di rumah biasa dipanggil Zakky, tapi di MTs orang-orang pasti manggilnya Fikril. Yah mungkin memang orang memanggil berdasar kata terdepan pada nama panjang.

      Di kelas 7E sementara, kami dibimbing oleh Kak Krisna sama teman ceweknya(lupa saya namanya). Untuk besoknya semua siswa baru harus membuat kostum seragam dari bahan bekas. Misalnya nih tas dari karung beras, papan dada dari kardus bekas, DLL.

Masa SkSd (Sok Kenal Sok Deket)

      Esoknya tepat hari Rabu, 1 Juli ada pertemuan kelas tentang tata krama pergaulan bersama Miss Febri Kurnia. Kita disuruh catat 10 nama teman baru dikelas yang belum dikenal. Caranya dengan tanya-tanya aja langsung ke orangnya. Waktu itu saya beraniin diri biar pede tanya kesana kemari dan tertawa, haha. Lalu setelah dapat 10 nama, satu persatu anak ditunjuk berdiri dan sebutin 10 nama teman yang udah dicatat sambil nunjuk ke orangnya. Ternyata perkenalan teman baru dengan metode seperti itu cukup efektif, hampir semua anak saling kenal satu sama lain dalam kelas itu. Seingat saya waktu itu sebangku saya sendiri adalah Zakky, sebangku belakang saya adalah Ayu Candra sama Lenny, sebangku depan saya adalah Nurul sama Tiara, sebangku depannya lagi ada Puad sama Bryan.

Perjalanan Seru Dimulai

     Hari-hari MOPD selama sekitar 1 minggu selesai hingga pembagian kelas tetap untuk KBM sehari-hari. Saya masuk kelas 7J, ya, kelas terakhir di MTs Muning menurut abjad. Waktu itu tempatnya paling unik si, di musholla lama lantai 2 di selatan nya gerbang masuk. Sebelum akhirnya semester 2 pindah ke bawah area SC(Super Class). Di kelas tetap ini nggak sama anaknya kayak di kelas sementara, dan diacak lagi. Disini saya sebangku sama Bryan anak Ngadiluwih. Di kelas 7J awalnya saya malu-malu, tapi saya beranikan diri ajalah buat ngobrol tanya-tanya nama teman baru. Saya jadi kenal Dadan, Fajin, Zafik, Bima sama Tiara doang si awalnya. Tapi beberapa hari setelahnya jadi kenal semua teman sekelas.

     Dengan wali kelas yang cukup nyentrik, Pak Najib. Ya, beliau punya gaya mengajar yang menggelitik di awal-awal masuk kelas. Dan tak jarang beliau juga menyuruh siswanya buat ngirim tugas lewat fb. Ini kata Bu Mun(guru Mat) si. Beberapa petuah yang masih melekat di ingatan saya yang pernah Pak Najib katakan pas awal mengajar dikelas kurang lebih kaya gini,

Betapa banyaknya nikmat Allah hingga air lautan sebagai tintanya tak cukup untuk menuliskannya. Nikmat besar yang jarang orang pedulikan adalah napas. Kita bernapas tak pernah membayar biaya oksigen kepada Allah. Gratis, cukup dengan bersyukur atas kenikmatan tiada tara ini.

Petuah lain yaitu:

Selama kamu pernah mencuri sesuatu dan belum mengembalikan serta meminta maaf pada pemiliknya, bisa jadi itu yang akan menghambat kesuksesanmu di masa depan.

Beliau bilang begitu karena pernah terjadi kehilangan uang kas kelas sekitar 400 rb an lah.

 Dan hingga saat postingan ini ditulis, kedua petuah ini masih sangat kuat melekat di ingatan saya. 

Terimakasih Pak Najib, 

Love 7J, 

Love MTs Muning❤.

2014-MTs Muning Bersholawat
2014-MTs Muning Bersholawat

2019-Gedung Perpus dan Multimedia
2019-Gedung Perpus dan Multimedia



Author

Superisom Ulil

Seorang bocah yang suka hal-hal baru, apalagi gratisan. Mau temenan? FB saya @Superisom Ulil. Add sekarang atau nggak sama sekali‼

Silahkan anda berkomen maupun curhat disini, kalo mau ngasih duid temntu sangat boleh, haha