BLANTERORBITv101

SKAL Masansa Jogja–Semarang

9 Des 2016

Pernyataan Ngaco

Untung MTsN 1 Kota Kediri(Masansa) ngadain SKAL pas setelah ujian semester 3(sama dengan kelas 8 semester ganjil). Jadinya kan enak, coba kalo SKAL baru seminggu setelahnya ada ujian, mampos dah. Soalnya dulu barengannya sama SMP Mojo yang ngadain SKAL kelas 8 sebelum ujian. Kalo saya rasa ada ga enaknya gitu. Karena senang-senang dulu rekreasi, abis itu baru susah-susah mikir soal ujian, haha.

Hari Rabu hari terakhir UAS gasal kelas 8, tanggalnya 7 Desember 2016. Pulangnya agak siang menjelang sore sekitar jam 2. Waktu itu saya dijemput ibu pake vario, dan Afi Keniten minta bareng karena ga ada yang jemput dia. Di jalan, saya sama Afi ngobrol soal SKAL yang bakal berangkat 2 hari lagi. “Fi, gimana yah SKAL nya nanti, siap?” Afi jawab,“ya siapin aja apa yang perlu dibawa”.

Dan minggu-minggu itu madrasah banyak diisi dengan kegiatan bermacam-macam. Kelas 7 dan kelas 9 mungkin lagi nyiapin buat classmeeting(ini pertemuan kelas bukan bahas soal bisnis, tapi semacam perlombaan antarkelas sebagai sarana refreshing tiap selesai ujian semester). Sementara kelas 8 sibuk nyiapin buat SKAL.

*Oia, bagi yang belum tahu SKAL itu Studi Kenal Alam Lingkungan, nama lain REKREASI si sebenarnya.

Persiapan Awal

Mulai dari desain jaket jersey buat peserta SKAL, terus juga biaya. Nah di Masansa itu enaknya biaya SKAL ga usah bayar langsung pas mau SKAL diadakan. Jadi, tiap daftar ulang ada tuh rinciannya ini buat bayar apa, itu buat apa. Dan ada iuran SKAL sekitar Rp 350.000,-. Nah, berhubung daftar ulangnya udah dua kali nih, jadi iuran SKAL nya udah kekumpul Rp 700.000,- tuh. Enak kan, ga perlu pusing mikir biaya lagi. Dan ada di kasih info lagi kalo uang iurannya sisa Rp 50.000,- dibalikin lagi deh ke semua kelas 8. Untung lagi, hihi.

Esok harinya, Kamis, 8 Desember kita ada briefing buat persiapan SKAL, tempatnya di aula belakang. Seperti biasa, dikasih buku panduan seputar jadwal kegiatan sama beberapa doa dan tata cara berziarah. Dan juga daftar nama peserta SKAL beserta guru pendampingnya. Kita ada 7 bis dari AAM Trans. Satu bis berisi 50-53 penumpang dan total peserta SKAL dari kalangan murid berjumlah 367 orang belum sama guru pendamping nya. Lumayan juga si ramenya 7 bis kaya konvoi dari Kediri-Jogja-Semarang-Kediri selama tiga hari tiga malam.

Paginya Pas Hari-H

Jumat pagi, 9 Desember saya lagi packing-packing persiapan SKAL. Yah, tau sendiri lah, cowok itu maunya yang simpel-simpel aja(kadang enggak juga si). Jadi, sekitar jam 9 an saya sama ibu nyari jajan buat bekal cemilan nanti di perjalanan. Kita belanja di toko mondo. Simpel aja, cuma:

• roti roma sebungkus,
  • permen empuk sebungkus,
  • buah apel sama salak.

Ini seputar konsumsi, kalau perlengkapan lain saya bawa:

tas gede 1, didalamnya ada baju hem 2, kaos 1, celana jeans 1, daleman, sepatu sama sandal, sarung, jaket SKAL ungu, sama perlengkapan mandi termasuk handuk kecil. Oia, saya juga ada bawa tas slempang kecil gitu, isinya duit, Hp, headset.

Uang saku? Uang saku berapa ya? Hihi lupa. Sekitar 300 rb an aja. Pulang pun masih sisa banyak. Packing persiapan selesai, tinggal nunggu waktu berangkat jam 4 sore nanti, huuh... Bingung rasanya. Sedih ninggalin rumah 3 hari, tapi ya kudu senang karena ini refreshing abis ujian.

Merapat Ke MTs

Tiba jam 4 sore sehabis sholat ashar di rumah, saya berangkat ke MTs diantar ibu naik vario merah. Waktu itu saya pake baju hem koko abu-abu sama jaketan merah abu. Dan jaket SKAL nya malah ditaruh dalam tas. Sampai depan MTs ternyata banyak yang pake jaket SKAL, yaudah saya ganti jaket SKAL dan jaket yang tadi taruh di jok motor. Saya masuk ke gerbang, salim ibu, lalu ibu pulang. Di depan ruang guru saya ngobrol dulu sama Zusril, Nizar, Fajin, David dan teman lain. Waktu magrib semua sholat di aula sama para guru pendamping termasuk Pak Nizar(kepala madrasah). Kita ada istighosah sebentar, berdoa mohon kelancaran dan keselamatan selama kegiatan SKAL nanti.

Keberangkatan & Keterlambatan

Setelah sholat magrib sekitar jam 6, kalau di jadwal harusnya kita udah berangkat si. Tapi kok masih dikumpulin lagi di halaman utama sambil lesehan,(waktu itu Yono Semen nyetel lagu Hp lalu didekatin microfon buat briefing, jadi dangdutan semua deh). Lalu ada pembagian kamar hotel di kelas bagian barat(disana salak yang ada di tas saya kasih ke Ardhi(CakSot) sama Bayu. Biar agak entengan aja si. Hampir 3 jam kita lesehan sampai jam setengah 8 malam, ternyata cuma nunggu 1 bis yang kejebak macet perjalanan ke MTs, what?!?! Akhirnya jam 8 info mulai keberangkatan, saya jalan sampingan sama Rokhim. Sampai di depan gerbang ternyata ada bapak, ibu sama adik saya yang nungguin berangkatnya.

Cepat-cepat ibu ngasih minyak kayu putih ke saya. “ini bawa aja, nanti biar ga mabuk di bis”. Saya masukin tuh ke tas kecil sambil jalan lagi ke bis 3. Lalu Rokhim bilang, “enak ya Lil, ada ortu yang perhatian ngasih minyak angin. Lah saya mana ada, saya mondok, apa-apa siapin sendiri deh”. Dan kita masuk bis 3, "brrrr" adem banget kaya di kulkas sampai ngembun kaca-kaca bisnya. Di tiap kursi ada dikasih kotak snack sama minuman. Saya duduk di seat kanan buat 3 kursi sama Fajin sama Afi. Awalnya saya duduk dekat jendela, tapi setelah muntah pas tengah malam (habis makan popmie di Masjid Nurul Huda buat sholat isya) saya pindah ke kursi tengah. *dasar pemuda lemah

Hari Pertama

Lalu lanjut perjalanan ke makam Sunan Kalijaga di Demak tiba sekitar jam 4 dinihari Sabtu. Sholat subuh sama ziarah di sana dipimpin Pak Nizar. Habis jamaah sholat subuh, kita istighosah bareng, tapi ga pake suara terlalu keras. Kita pake radio lokal yang sumber suaranya Pak Nizar di depan, lalu jamaahnya dengerin lewat headset Hp masing-masing. Soalnya takut ganggu peziarah lain kalo bersuara terlalu keras.

Selesai itu, lanjut ke Masjid Agung Semarang sekitar jam 8 pagi. Semua mandi dan bersih-bersih di sana sekalian foto-foto. Pukul 10 lanjutin ke Lawang Sewu, hawanya panaaas banget. Oia, ada satu kejadian janggal terjadi entah ini benar atau nggak. Jadi waktu itu Paro(Papa Rohman) Ngawi minta buat saya fotoin dekat sebuah obyek di sudut lorong salah satu area Gedung Lawang Sewu. Pas saya jepret pertama itu ngeblur hasilnya(mungkin sedikit goyang). Lalu nyoba jepret kedua, tetap ngeblur(padahal secara kamera ga ada kotoran/gangguan). Terakhir ini jepret ketiga, saya pastikan kamera hp ngga goyang, dan hasilnya tetap ngeblur kaya ada yang sengaja gangguin gitu.(pas nulis ini di buku saya agak merinding si). Akhirnya setelah gagal foto 3 kali, Rohman bilang ke saya, “yaudah Lil, mungkin emang ga di bolehin disini buat foto-foto, kita cari tempat lain aja”. “oke” saya bilang.

Halaman Depan Masjid Agung Semarang.
Btw ini potonya masih pake B612 lho, xixi

Al Husna Tower dalam Sejengkal Tanganku

Afi Bersama Alfa

Pengennya Bergaya dengan Sayap Membentang

Eits, Nyender dulu ea

Saya bersama Afi dengan Prasasti Tetenger

Terus saya lanjut jalan sama Afi, Fajin, Doni ke ruangan lain. Ada lokomotif tua yang dikunci rodanya buat pameran, ada sepeda kayu tua(disini Fajin coba naikin), dan masih banyak lagi hal-hal berbau tua lainnya. Oia, sewaktu pertama masuk bangunan Lawang Sewu kita ada tour guide yang ngejelasin sejarah pembangunan Lawang Sewu ini. Waktu itu Afi ngerekam penjelasan tour guide nya yang pake toa si. Disini dijelaskan kalau 'Lawang Sewu' yang artinya 'pintu seribu' sebenarnya itu ga sampe ada 1000(seribu) pintu beneran. Tepatnya ada 928 daun pintu. Mungkin dinamai pintu seribu buat ungkapan aja si ya, memang kalo pernah kesana langsung atau pernah liat gambarnya di internet, disetiap sisi bangunannya terdapat pintu ala-ala buatan Belanda. Bahkan hanya berjarak 2 meter sudah ada pintu lagi di tiap dindingnya. Tapi ya itu, sebenarnya ga ada genap 1000 pintu, disebut 'Lawang Sewu' karena saking banyaknya pintu jadi diibaratkan beneran ada sewu pintu. Dan ga mungkin orang menyebut lawang sangangatus wolulikur (pintu sembilan ratus dua puluh delapan)

Bu Ela di Samping Bangunan Lawang Sewu

Fajin Pengen Naik Sepeda Tua

Orang Bijak Memandang Rumput Bergoyang

Gatau Liat Apaan Saya

Tampak dalam Ruangan Lawang Sewu

Hari semakin siang sekitar jam 1 setelah lunch, kita lanjut perjalanan ke Candi Borobudur. Nyampe sana sekitar 3 jam lagi. Di bis saya ngerasa ga enak banget gitu, mual-mual tapi ga muntah cuma pusing. Alhamdulillah teman-teman banyak respect dan ngasih obat serta nenangin saya. Salma Fahru ada ngasih saya roti buat bantu nelan obat antimo. Saya mungkin ketiduran setelah itu sampe akhirnya dekat candi dibangunin lagi sama tour guide di dalam bis.

Sampe sana kita sholat dhuhur asar jama qoshor lalu keliling ke sekitaran candi. Abis itu naik deh ke puncak candinya. *eh ga ke puncak kali ya, intinya naik tangga ke bagian stupa yang tertinggi di Candi Budha termegah dan terbesar se-Asia Tenggara itu. Sampai Gunung Merapi aja kelihatan dari Candi Borobudur. Setelah itu saya beli minum Floridina jeruk orange, disana Rp10.000,- (mahal yak, hhh). Terus perjalanan ke hotel Grand Palace sekitar jam 6 sore. Sholat magribnya diniatkan di hati. Pas nyampe hotel langsung check-in, terus dikasih kunci kartu kamar dan masuk ke kamar masing-masing. Oia, karena kita rombongan dalam jumlah besar, jadi sekamar ditempatin 1 kelompok yang isinya 7 orang. Btw, kelompok saya ada Hamdan Mojo, Fajin Petok, Afi Keniten, Rokhim Tulungagung, Rohman Ngawi, Ubet Titik Semen sama saya sendiri Keniten. Lega banget bisa rebahan lagi, hihi. Sekitar jam 11 malam baru sholat isya, disitu saya jamaah sama Arafat Mojo dan teman lain diimami Pak Didit. Lalu makan malam, masuk kamar dan free time buat istirahat. Banyak kejadian lucu, aneh, konyol di hotel. Mulai dari Rokhim yang rebutan remote TV buat nonton perang salib(maklum anak pondok jarang nonton TV), sedangkan Afi sama Fajin yang pengen nonton bola. Akhirnya ada mulut lah mereka, Rokhim kena ejek "tukang kaset" karna suka gonta-ganti channel kaya penjual kaset pinggir jalan tuh, haha. Terus gengnya Ubet yang rOkoKaN sama main kartu di dalam kamar yang sebenarnya ga dibolehin, tapi mereka tetep los dol lanjut teroos.

Dan yang anehnya, pas tidur tengah malam, entah kenapa saya tiba-tiba terbangun. Terbangun nya engga diatas kasur, tapi diatas WC duduk. Lah kok bisa! Kok aneh?!. Disini saya BAB tanpa sadar kapan saya jalan menuju kamar mandi, bahkan pintunya masih kebuka tanda emang saya ga sadar pas jalan kesini. Setelah itu saya mikir, “oh mungkin karena kecapekan aja si atau memang ada kejanggalan disini. Yaudahlah penting masih selamat”. Terus saya lanjut tidur lagi di kasur. Besoknya sekitar jam 4 pagi, kita sekamar dibangunin sama Pak Eka, dan yang ngerespon jawab “inggih, pak” cuma saya doang, yang lain pada tepar semua. Buat sholat shubuh berjamaah dulu di musholla. Setelah itu mandi pagi, sarapan sama check-out.

Tampak dalam Hotel Grand Palace

Stupa Terbesar Candi Borobudur

Tampak Gunung Merapi dari Puncak Candi Borobudur

Zusril: santuyy ea

Nah, pas mau sarapan kan semua pada keluar dari kamar ke sekitaran lobby buat sarapan pagi tuh. Karena sama-sama belum tau, ini kelompok kamarnya Zusril dkk si, termasuk Puad Ngronggo, Faris Bajang Semen, Mail Selopanggung, Alfa Kaliboto, Juna Bangsongan sama Doni Campurejo. Mereka ya keluar aja dari kamar dan kunci kartunya ga dibawa malah ditinggal nancep di dalam. Yaudah, pas selesai sarapan, balik ke kamar lagi, otomatis mereka ga bisa masuk dong. Emang sistemnya gitu, soalnya buat keamanan. Jadi, kalo pas kita keluar kamar dan lupa ga bawa kunci kartu(ditinggal nancep di dalam), otomatis pintunya terkunci dengan sendirinya. Masalahnya kalo ada orang asing yang mau masuk kamar tanpa sepengetahuan kita, dengan sistem gini kan jadi aman dong. Nah, karena si Zusril dkk belum bisa masuk kamar, akhirnya laporan ke guru dan diterusin ke CS hotel buat buka kunci kamarnya dari sistem, kelar deh. Sementara itu, di kamar saya ternyata ada Rohman udah paham sistem ginian, yaudah tinggal tempelin kunci kartu di bagian kunci pintu, "beep-beep" bunyinya pintu pun terbuka dan kita siap-siap buat checkout lanjut perjalanan lagi.

(Sebenarnya saya juga baru tau sistem ginian si)

Hari Kedua

Yah, hari minggu hari terakhir kami SKAL. Lumayan capek si sebenarnya, udah nyaman rebahan di hotel bisa santuy banget, *eh lanjut jalan lagi(emang ini pertama kali si saya nginep di hotel kelas 8). Meskipun saya capek dan mungkin teman lain juga merasakan yang sama, tetap jadwal adalah yang utama. Kita lanjut perjalanan ke Kraton Yogyakarta. Sekitar jam 8 pagi kita udah sampai di area kraton. Udah keliling ke sekitaran kraton, mungkin karena saya kecapekan kali ya. Jadi saat itu saya ngerasa kaya orang nglindur, linglung, pikiran ga bisa fokus. Lalu kita duduk bareng dibawah pohon sama Doni, Faris, Alfa. Dan udah agak enakan lagi saya rasanya.

Lanjut ke Malioboro sekitar jam 10, cuma jalan sebentar ga perlu naik bis karena emang dekat si antara kraton sama pasar Malioboro ini. Saya keliling nyoba nyari oleh-oleh buat adik. Saya sama Afi si kesana kemari bolak balik belum dapat juga. Akhirnya udah agak siangan saya dapat juga kaos OVJ(Oblong Van Jogja) buat adik sama dodol khas Jogja dengan harga yang lumayan murah. Untung deh, haha.

Dari kiri: Ulil, mbuh, Alfa, Doni di Pelataran Kraton Jogja

Lalu lanjut makan siang terus ke pusat oleh-oleh Bakpia Pathok yang jadi jajanan khas Jogja. Disana parkirannya luas banget, pas masuk toko atau malah pabriknya ya mungkin, itu beuuhh antreannya panjang banget. Setelah seperempat jam an akhirnya dapat juga bakpia pathok. Saya beli 2 kotak harganya 75 kalogasalah. Udah ngantre lama di dalam toko, eh pas masuk ke bis lagi masih nunggu lagi ternyata. Aa' Singonegaran iseng mainin telolet bis nya. Karena waktu itu emang lagi ngetren-ngetrennya "Om Telolet Om" di Indonesia bahkan mancanegara. Jadi udah lazim/biasa tiap kalo ada bis lewat nih, para bocah di pinggir jalan teriak “Om.. Telolet om...” dan si sopir bisnya bakal bunyiin terompet telolet yang bunyinya emang “telolelolelolet lolet lolet lelelelelet tet tet..”. Lalu bocah-bocah tadi ngerekam tuh bis yang jalan sambil bunyiin telolet buat koleksi. Biasanya anak BMC(Bus Mania Community) si.

Setelah nunggu teman lain belanja udah selesai, kita lanjut perjalanan ke Candi Roro Jongrang atau biasa dikenal Candi Prambanan. Keliling-keliling disana sampe sore, liat-liat bagian candi yang megah nan eksotis itu. Udah agak sore an lagi, saya sama sekelompok keliling di tempat jualan souvenir sekitaran candi. Pas ditengah jalan, Doni nemu gantungan kunci yang ring-ring besinya doang. Afi beli gelang sama kalung banyak, karena emang murah disana. Saya nyoba nyari barang apa ya, bingung sangking banyaknya. Akhirnya ga beli apa-apa deh ya karena bingung aja, hehe. Terus masuk ke bis, saya baru keingat, Oia teman-teman di rumah minta dibawain oleh-oleh juga ya. Karena saya tadinya ga beli apa-apa, sementara Afi beli gelang sama kalung banyak, yaudah saya beli aja tuh gelang kayu sama kalungnya. Saya beli 5 buat Kax Danang, Dian, Eki, Mario. Lumayan lah daripada ga bawa oleh-oleh buat teman di rumah.

Dari kiri: Rokhim, Badrus, dan Ulil

Dari kiri: Ulil, Rokhim, Doni di Kompleks Candi Prambanan

Hari Terakhir-Hawane Bedho

Selesai jalan-jalan dan capek banget. Akhirnya agak lega karena tinggal satu tujuan wisata lagi yaitu ke Makam Sunan Bayat di Ponorogo sekalian rute pulang. Udah malam banget kita perjalanan dan ternyata tour guidenya ngasih tau ke kita kalo jembatan penghubung ke kawasan Makam Sunan Bayat sedang ada perbaikan dan ga bisa dilewatin. Yaudah, keputusan akhirnya langsung perjalanan pulang ke Kediri lewat jalur selatan via tol juga awalnya. Semalaman tidur di bis sampai jam 3 dini hari Senin akhirnya sampai juga di depan pom bensin depan MTs Muning. Oia, sebelum itu saya udah SMS bapak ngasih kabar kalo saya udah sampe daerah Mojo buat dijemput nantinya. Dan saya turun dari bis sambil bawa tas sama beberapa oleh-oleh di tas kresek, berat si tapi lumayan lah daripada pas berangkat dulu. Ngga lama bapak datang juga naik vario merah buat jemput saya. Fajin Petok waktu itu sama saya juga, ditawarin bapak buat bareng pulang. Tapi ternyata ayahnya juga baru datang naik mobil. Dan pulang deh, hhhh.

Legrek Time DirumahAja

Sampai rumah pas banget mau adzan shubuh sekitar jam setengah 5, saya capek banget. Disuruh sama ibu buat sholat subuh dulu, saya jawab “iya, bu” tapi lanjut tidur dulu di kamar, haha. Dan akhirnya kebablasan sampai seharian cuma tidur di kamar, hihihi. (Waktu itu Mbah Ji njaraan mampir ke rumah emak). Abisnya capek banget, udah sore baru bangun saya. Terus jamak ndlosor (mengqodho semua) tuh mulai sholat subuh, duhur, ashar jadi satu waktu pas sholat ashar.(*eh jangan ditiru yak) Gimana lagi ya, emang capek banget, lelah badan ini. Bahkan 2 hari setelah pulang SKAL badan saya ngerasa kaya ada di dalam bis lho, goyang-goyang suasananya persis seperti di bis dulu. Padahal itu saya lagi berdiri di teras dan yah puyeng sama agak bingung juga kok bisa gini ya, mungkin udah terekam suasana bis kali ya di pikiran, haha.

Akhir Cerita

Banyak pengetahuan sama pengalaman baru saya dapatkan pada SKAL Jogja-Semarang selama 3 hari 2 malam ini. Teman yang baik pasti solid dengan sesamanya dalam suka maupun duka setiap waktu. Dan saya dapetin momen itu. Terutama pas di dalam bis, saya sama Afi, Fajin yang selalu bersama. Juga Salma yang perhatian pas saya ga enak badan. Dan masih banyak hal baru yang ada di momen SKAL ini, seru deh. Oia, sebelumnya udah dikasih tugas buat laporan SKAL sama Bu Hei Petok selaku guru mapel Bahasa Indonesia. Dan kebetulan saya sekelompok sama anak cewek yang rajin, akhirnya sip dan saya ga ikutan ngerjain laporan ini sampe naik kelas deh, haha

Maapin temanmu yang imut lagi lucu ini ya wankawan sekelompok dulu :V

Terima kasih Masansa, terima kasih bapak ibu guru pendamping SKAL, tour guide beserta armada bisnya, serta kedua bapak ibu saya yang selalu support saya, juga teman-teman seangkatan 2018 terutama kelas 8D(masdoi) yang selalu solid setiap saat^_^

Bonus foto imoetz kuh

Author

Superisom Ulil

Seorang bocah yang suka hal-hal baru, apalagi gratisan. Mau temenan? FB saya @Superisom Ulil. Add sekarang atau nggak sama sekali‼

Silahkan anda berkomen maupun curhat disini, kalo mau ngasih duid temntu sangat boleh, haha