https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Sunnahmu Sunatku

16 Jun 2020
Anak disunat :D

Biasanya hari buat ngadain acara spesial itu dtentuin dulu mana hari baik mana nggak. Memang si semua hari baik, tapi orang Jawa biasa milih hari sesuai weton orangnya. Nah beberapa minggu sebelum hari H bapak saya sendiri nentuin hari baik buat sunat pake hitungan marning jagung. Ada beberapa marning gitu disusun, entah pula gimana caranya. Tau-tau ketemu hari sunatan saya.

Sehari sebelum sunat saya masih masuk sekolah, saat itu kelas 6 dan masa masa ujian beserta tetek bengeknya. Jadi seminggu sebelum saya sunat itu lagi tryout 3 saya tetep masuk ya. Lalu seminggunya sunat (maksudnya dari sunat sampe sembuh) dan seminggu setelah itu lanjut tryout 4 kalogaksalah.

Pagi-pagi pas hari H saya enggak terlalu santai si, malah jalan jalan, bantu di dapur, benerin blender rusak sama Om Ba'i. Siangnya saya tidur, pas sore harinya saya ziarah ke makam leluhur di Baran sama bapak naik motor Astrea grand yang udah butut.

Lalu kami pulang dan acara kenduri selametan dimulai. Habis orang-orang pada pulang saya disuruh duduk di kursi belakang suruh makan telur ayam kampung rebus lalu disuruh ke kamar sama ibu lupa itu apa namanya. Pokoknya diusap ke wajah saya.

Nah momen bersejarah pun dimulai, sekitar pukul 5 sore Mas Ita, dokter sunat saya udah datang. Harusnya saya seneng apa susah yak :V.
Kalo temen saya Dicky pas mau disunat itu mukanya pucat, dia sembunyi di balik pintu saking takutnya mau disunat, haha

Akhirnya yaudah saya santuy aja, ngerasa udah PeDe kalo sunat itu nggak separah “MACAM DIGIGIT HARIMAU” kalo kata si Mail. Mas Ita mulai ngeluarin alat tempurnya, sedangkan saya ngumpulin mental dan tenaga buat nglawan rasa ENGGAK SAKITNYA sunat :V
Sekitar sejam setengah prosesi pemotongan berjalan lancar dengan diwawancarai Mas Ita sendiri, mungkin buat ngalihin perhatian saya dari rasa sakit kali yak. Habis itu tiba-tiba saya kebelet pipis tuh, gimana rasanya habis sunat langsung pipis, haha. Ternyata lucu si, buat jalan rasanya nggandul, buat pipis lebih lancar dan nggak ada rasa sakit apapun. Bukan karena setrongnya saya, tapi karena masih ada efek obat bius, haha.

Waktu kian berlalu dan tetangga mulai berdatangan buat buwoh ngasih beras. Bapak juga ngundang majlis Diba'iyah Desa Keniten buat para bapak. Dan saya mulai ngrasain esensi sunat itu, rasa panas di badan dan dingin di kaki makin menjadi. Saya mulai enggak setrong, sampe dikipasin pake kipas listrik sangking ya Allah rasanya... Dan tetesan air mata nggak netes, tapi ngalir ke samping karena saya posisi rebahan. Nggak mungkin kan air bisa netes ke atas, hehe

Jam mulai malam dan rasa yang masyaallah rasanya di badan nggak kunjung hilang. Lalu Lik Man datang bawa ramuan rempah gitu disuruh ngrebus sama air panas. Ibu yang rebusin, setelah mateng dibawa ke kamar pake gelas, saya minum. Saya rasa rasain kok hambar tapi aromanya wangi banget, entah apalah.

Akhirnya mulai turun rasa panas, saya mulai tenang dan tertidur sekitar pukul 12 malam, ngrepotin orang banget kan. Secara kerabat semua pada ngumpul dirumah nonton saya yang lagi menderita, haha

Besoknya saya makan cuma pake nasi putih sama daging/kerupuk ditambah sambel korek, biar cepet kering gitu si katanya. Nyatanya enggak juga, justru bikin rasa panas di badan. Kalo pengen cepet kering sebenarnya makan lele sama telurnya, entah bener apa nggak. Tapi dulu saya nggak makan lele, seminggu juga sembuh tuh.

5 hari setelahnya, temen-temen SD datang buat jenguk, mereka bawa jajan jajan gitu. Temen sekelas datang semua ditambah Andita adek kelas 5. Dia paling banyak makan, krupuk setoples habis, pisang sepiring pun habis. Untung yang lain masih kebagian.

Onah aka Ridwan nengokin punya saya dan ternyata belum kering sambil dia taburin obat serbuk pengering gitu biar cepet sembuh. Secara dia udah lebih berpengalaman sunat, soalnya dia sunat pas kelas 3, karena watunen (kencing batu).

Intinya temen SD tuh solid banget, tiap ada 1 temen yang sakit atau sunatan pasti sekelas langsung rundingan ngumpulin duid buat njenguk. Yah masa-masa itu emang momen kocak susah seneng si, ada susahnya tapi lebih banyak senengnya. Semua masih polos, masih lugu dan masih lucu meskipun sekarang saya tetep lucu, haha

Syukuri keadaan sekarang, karena nggak bakal terulang dan pasti ada hikmah di masa mendatang kalo kata saya, wets..
Itu aja si cerita sunat saya, singkat kan..kayak harapan ke dia, haha.

Makasih udah baca😄

Author

Superisom Ulil

Seorang bocah yang suka hal-hal baru, apalagi gratisan. Mau temenan? FB saya @Superisom Ulil. Add sekarang atau nggak sama sekali‼

Silahkan anda berkomen maupun curhat disini, kalo mau ngasih duid temntu sangat boleh, haha