BLANTERORBITv101

Goes to Ampel Surabaya

4 Jun 2021

Ini jalan masuk kawasan Ampel

Selasa pagi, tanpa ada sebab apapun, tiba-tiba Roju Slumbung chat saya. Lil, ayo dolan(main) yuk. Chat itu saya kira ya cuma guyonan aja, alah palingan cuma gaya gayaan Roju segala ngajakin main doang aslinya mah cuma omong kosong. Gitu si awalnya pikir saya.

Lalu chat berlanjut setelah saya tanya" ini nanti mau main kemana naik apa terus ngapain aja. Dan ternyata saya malah diajak ziarah ke Makam Sunan Ampel, Surabaya.

Dari sini saya udah tertarik dan mulai pikir" buat jadi ikut apa engga. Soalnya gini, saya belum pernah main jauh apalagi sampai keluar kota, bahkan dari kecil belum pernah sekalipun naik kereta api. Iya beneran, lha wong kerabat saya aja paling jauh rumahnya masih di dalam kota, gimana mau perjalanan jauh, haha.

Jadi kesempatan bagus nih menurut saya, kapan lagi bisa main jauh naik kereta pula kalo ga sama temen gini. Yaudah akhirnya saya siapin diri, searching" seputar kawasan Ampel, Surabaya. Gimana perjalanan naik kereta api berdasar pengalaman orang". Dan tak lupa juga minta izin ke bapak sama ibu.

Besoknya hari Rabu pagi saya minta izin ke bapak ('taren' dlm bahasa Jawa). Alhamdulillah dibolehin sama bapak buat ikut ziarah bertiga sama Roju dan Habib Kras.

Hari itu pula saya persiapkan betul barang apa aja yang mau dibawa dan rencana kegiatan yang akan saya laksanakan nanti. Hal ini penting dilakukan agar saya tetap terarah dalam beraktivitas selama perjalanan.

Beberapa barang yang saya bawa diantaranya kaya:

• Tas slempang kecil andalan saya isinya(charger, earphone, powerbank, masker cadangan, uang saku)

• Baju hem ganti, sarung, kopyah

• Uang jajan

Tas slempang andalan nih

Untuk uang saku saya ga bawa banyak, cuma 100 ribu, itu pun duid dari thr lebaran milik saya sendiri(bukan punya adik ya). Xixi

Sebenarnya bawa uang berapapun cukup" aja si, tergantung gimana ngaturnya aja. Misal 100k itu dipecah jadi beberapa bagian. Yang segini buat ini, yang segitu buat itu. Nah saya itu selalu begitu, bahkan rincian pengeluaran uang untuk apa aja saya data. Bukan soal pelit atau irit, tapi buat upaya biar saya lebih ada rasa tanggung jawab soal uang aja gitu.

Jadi kaya gini perincian uang saya buat perjalanan kali ini:

• 100k dipecah jadi 3 bagian(20k, 30k, 50k)

• 20k untuk apa aja boleh, sedekah misalnya

• 30k untuk konsumsi/jajan

• 50k untuk oleh-oleh

Cara ini berlaku sesuai lamanya kegiatan ya, perincian diatas kurang lebih untuk kegiatan selama 1 hari. Jadi kalo kegiatannya lebih lama, uang saku nya ya ditambah lagi.

Lanjut bahas perjalanan...

Hari Kamis, 3 Juni. Rencana kita pukul 1 ke rumah Roju Slumbung, lalu pukul 2 udah harus di stasiun Ngadiluwih(NDL). Disana kita sholat dhuhur-ashar dengan jama' qoshor bil qodim. Artinya sholat dhuhur dengan ashar sekaligus di waktu dhuhur dengan meringkas jumlah sholat menjadi setengahnya. Dalam islam hal ini dibolehkan ketika dalam perjalanan (musafir) dengan jarak tempuh minimal ±86 km. Untuk jarak tempuh Kediri-Surabaya sekitar 124 km ya.

Oiya, waktu itu motor saya sama Habib ditaruh di tempat penitipan sepeda motor samping timurnya stasiun.

Kereta Dhoho jurusan Surabaya kota akan berangkat pukul 14:52, pukul 14:35 kami udah selesai sholat lalu menunggu keberangkatan di ruang tunggu stasiun.

Pukul 14:45 petugas checker penunggu tiba dan para penumpang segera melakukan scan QR code dari tiket yang dipesan online sebelumnya.

Tiket kita gabung jadi satu dipesenin sama Roju, jadi yang scan tiket ya cuma Roju doang buat bertiga.

Pukul 14:50 tepat kereta tiba, langsung saja setelah pintu gerbong dibuka semua penumpang tadi masuk.

Kebetulan kita bertiga dapat tempat duduk berurutan 11A, 11B, dan 11C di gerbong 5. Awal masuk kita gerbong 2 lalu berjalan ke belakang sampai gerbong 5. Setelah masuk gerbong 5, ternyata tempat duduk kita sudah ditempati orang lain. Ya sudah, kebetulan juga di seat samping kursi tadi masih kosong lalu kita tempati sementara.

Ini kursi kosong sebelah Habib

Sebetulnya saya ngerasa ga tenang si diawal perjalanan, soalnya ya itu tadi. Yang saya dudukin bukanlah tempat duduk yang dipesan.

Hal ini kata Roju adalah hal yang biasa terjadi ketika naik kereta, beberapa orang ada yang duduk seenaknya tanpa memperhatikan nomor kursi, ada juga yang memang belum tahu kalau ada aturan ini karena pertama kali naik kereta(kayak saya, haha).

Ya gapapa, ketika sampe stasiun mana saya lupa, ada wanita yang mau menempati kursi yang lagi saya tempati. Berarti itu kursi yang ia pesan. Lalu kita bertiga pindah ke kursi kita sebenarnya. Kebetulan udah ditempatin sama 2 emak" yang lagi ngobrol selonjoran sambil nyemil. Kita permisi minta izin buat nempatin kursi 11, mereka di kursi 10. Jadinya kita bertiga duduk berhadapan sama 2 emak" tadi, ya ampun.

Selama perjalanan ini saya coba meremin mata bahkan sambil pasang earphone di telinga buat dengerin lagu religi di youtube biar bisa tidur gitu. Tapi apa daya, suara emak" ngobrol lebih kenceng dari suara lagu saya, laaaah.

Akhirnya cuma bisa pura" tidur(padahal merem doang). Samping kiri kanan depan saya pun masih bisa saya dengerin mereka bicara apa aja, karena saya cuma merem doang ga tidur beneran, haha. Ini pukul 6 sore an kayanya, jadi udah 3 jam an saya kaya gitu.

Aslinya cuma merem doang, haha

Sampe pukul 18:15 an 2 emak" tadi baru turun di stasiun Gubeng, Surabaya. Akhirnyaa, saya bisa lebih leluasa deh, bisa selonjorin kaki ke kursi depan, xixi.

Pukul 18:44 kereta berhenti di stasiun paling ujung, Stasiun Surabaya Kota. Ada 4 track(jalur) rel disini.

Tanpa berlama-lama kita bertiga turun dari kereta dan segera ambil posisi buat foto disamping kereta, hahaha.

Baru sampe, narsis dulu ea:V

Capek si sebenernya, bawaan banyak masih harus jalan 1 kilo an lagi ke kawasan ampel nya. Beuhh

Saat baru keluar dari stasiun, bapak" tukang becak dengan gaya nya dengan sigap menawarkan tumpangan kepada kami. Tapi si Roju kayanya ga minat, yaudah kita putuskan jalan kaki sampai kawasan Makam Sunan Ampel.

Kebetulan di jalan yang kita lewati ada masjid, kita numpang ganti baju dan cuci muka di toiletnya.

Lanjut berjalan lewat gang kecil kumuh baru setelah itu lewat jalan besar 1 arah lagi.

Jalan yang dilewati termasuk sepi(banget malahan), padahal baru pukul 7 tapi disini sepi banget. Cahaya lampu pun jarang" ada, karena ternyata disini tuh kawasan ruko dan pasar.

Jadi kalau malam ya sepi, entah paginya mungkin rame ya.

Nah, setelah sekitar 800 m lewat jalan sepi tadi, baru ada jalan ramai. Justru jalan ini kelewat ramai bahkan hingga macet di sekitaran kawasan Makam Sunan Ampel.

Apalagi waktu itu pas banget malam jumat legi, kata Roju memang selalu begitu ramai ketika saat" malam jumat, terlebih malam jumat legi.

Banyak orang berziarah maupun sekedar jalan" di kawasan sini.

Ini gerbang tua masuk makam

Masuk kawasan Ampel sambil nenteng bawaan yang gabisa dibilang ringan plus jalan sempit yang dipenuhi orang lalu lalang itu bukan hal yang mudah, cuih.

Saya sama Habib nurut aja kemana Roju berjalan asal tujuan pertama kita cari tempat istirahat yang kondisinya enak.

Akhirnya pukul 8 kita sampai serambi masjid lama Ampel yang letaknya ada di ujung dekat parkiran. Nah dobel capek nih.

Serambi masjid lama

Disini kita rebahan sambil mikirin rencana kegiatan yang bakal dilakuin sampai besok pagi mau pulang.

Kita mau pesen tiket kereta online buat pulang besok. Rencananya si pengen jadwal pukul 9. Tapi ternyata udah habis di aplikasi KAI Access.

Begitu pun yang jadwal setelah pukul 9 itu juga habis semua, tinggal pukul 5 yang masih ada. Yaudah tanpa pikir panjang lagi saya putusin buat pesen jadwal pukul 5 ini aja.

Kalo ga cepet pesen dan kehabisan lagi tiket di hari Jumat, ya apa boleh buat harus pulang hari Senin. Eh kok Senin, nah itu.. Bahkan waktu itu juga Roju coba cek tiket hari Sabtu sama Minggu ternyata udah habis semua di semua jadwal. Mungkin karena weekend kali ya, jadi banyak orang bepergian.

Setelah semua rencana kegiatan kita pikirin, tinggal kita tidur sementara untuk mengisi tenaga lagi.

Ada waktu sekitar 2 jam sampe pukul 12 malam sebelum kita lanjut kegiatan yamg direncanain.

2 jam itu sebenernya saya cuma merem doang si, beneran ga bisa tidur pules. Samping kiri kanan banyak orang ngobrol juga. Apalagi bawaan barang kita juga lumayan banyak, jadi kudu waspada aja si sama situasi sekitar. Ya meskipun di masjid, siapa yang tahu kalau ada orang berniat jahat ke kita. Soalnya ga ada siapapun yang kita kenal di kota orang ini selain kita bertiga sendiri.

Kebetulan teman MTs saya Rohman Ngawi juga ke Makam Sunan Ampel sini, tapi kemarin nya si. Saya tanya ke dia tengah malam gini apa ada yang jualan makanan ya? Kata dia ada tapi di depan gerbang masuk.

Pukul 12 alarm bunyi, kita bergegas wudhu dan sholat isya' jama takhir dengan magrib dan Habib yang jadi imamnya.

Selesai sholat kita ke pesarehan(makam) Sunan Ampel di barat masjid baru. Untuk berziarah dan berdoa disana.

Ziarah...

Pukul 1 malam kita jalan" di kampung arab alias pasar oleh" Ampel.

Ada 2 pasar si sebenernya, Kampung Arab itu sebutan buat pasar yang di dalam arah selatan. Nah pasar yang kedua itu letaknya di depan gang masuk kawasan ampel tadi.

Untuk Kampung Arab jam" segini cenderung sepi, tapi di pasar depan malah rame. Bahkan para pedagang mulai buka toko, mulai gelar dagangan tengah malam. Ga semua juga, pedagang makanan mulai tutup jam segini. Karena mereka masaknya pagi, jadi buka-nya mungkin sore dan tutup tengah malam jam segini. Bisa basi kalo kelamaan soalnya.

Kita belum beli apa-apa disini. Pengen cari makanan dulu diluar.

Kita berjalan keluar kawasan makam, Roju ngajak ke terminal. Disana banyak juga pedagang makanan pinggir jalan. Pengen sebenernya makan bakso atau soto gitu disini. Udah laper juga. Tapi Roju ngajak jalan lagi keliling parkiran terminal bis. Udah keliling sampe kaki pegel belum jadi makan juga, sampe akhirnya kita beli pentol di pinggir jalan depan kawasan makam aja. Beli pentol tahu 5 rebuan tiga udah gitu aja dibawa balik ke serambi masjid yang tadi.

Pas lewat pasar depan gang, saya kok pengen Roti Maryam jajanan khas Ampel ya. Saya coba tanya ke salah satu penjual Roti Maryam ibuk".

Sebungkus Roti Maryam isi 6 ternyata 30 rebuan. Lah kirain ga sampe segitu, skip deh pikir saya. Beliau coba nawarin martabak telur 10 rebuan isi 4. Yaudah saya beli martabak nya aja. Dan kita bawa ke serambi masjid lagi.

Sampe sana jadinya kita makan pentol bertiga sama martabak tadi. Udah agak kenyangan saya, Roju sama Habib cuma makan martabak secuil. Emang hambar si, ada sambal petis juga sebenernya. Ga saya makan, takut nanti kepedesan terus mual di kereta, heheh.

Yaudah sisa 3 potong martabak rencananya saya kasih ke tukang becak aja nanti pas pulang.

Selesai makan sekira pukul 3 kita lanjut jalan keluar cari becak. Oia, disini juga ada air gentong dari sumur asli yang udah didoakan oleh sunan ampel dulunya. Jadi bisa disebut semacam air barokah gitu lah. Air barokah ini boleh diminum langsung(ada gelas plastiknya) atau kalau mau bisa diisiin ke botol air mineral kosongan.

Kebetulan waktu itu Roju bawa minum Aqua botol ukuran gede sama Trh Pucuk ukuran kecil 2. Setelah isi nya kita habiskan, bisa tuh diisi pake air barokah tadi. Roju ngisi Aqua gede, nah saya sama Habib ngisi 2 botol Teh Pucuk kecil tadi.

Oia, jika lupa ga bawa botol kosongan sendiri, disana juga ada penjual botol kosongan gede. Tempatnya di samping jalan masuk makam deket masjid baru.

Jam udah nunjukin pukul 3 pagi, sebaiknya kita putuskan buat segera lanjut jalan lagi.

Pas lewat pasar depan, Habib beli 1 gelang buat oleh" temennya. Ga lupa juga saya beliin Farkhan (9 th) adik saya kaos bersablon tulisan sunan ampel seharga 40 ribu. Sebenarnya harga segitu kemahalan ga si buat kaos anak ukuran SS? Mahal ya, soalnya saya gabisa nawar" harga juga, Malas~~ haha

Narsis di pasar sebelum pulang

Ok, daripada nanti" kita ga lanjut jalan, sekarang aja gas cari tukang becak.

Tepat di depan gerbang gang masuk ada tukang becak lagi nungguin penumpang. Kita samperin dan bilang bisa ga angkut 3 penumpang barengan ke bapak kang becak. Oh ternyata bisa.

Cerita-nya si Roju nge-vlog di becak

Becaknya masih gowes manual ya, bukan bentor(becak motor) yang ada mesin motornya itu.

Beliau gowes sampe terengah-engah napasnya, ya gimana. Penumpangnya aja 3 orang. Untungnya jam segini jalanan ga terlalu rame, paling ya di pasar aja yang padat pedagang lagi gelar dagangan.

Sekitar 15 menit dari kawasan sunan ampel sampe stasiun SB Kota naik becak tadi. Sampai stasiun kita sempetin foto" dulu di depan bangunan. Diliatin orang lain juga si, bodoamat lah kita cuma pengen ambil poto aja, hehe.

Narsis terakhir di depan stasiun

Pukul 4 lebih tidak lupa(jangan sampai lupa) sholat subuh di musholla stasiun. Masih agak sepi disana.

Selesai sholat kita siap" ke pintu pengecekan buat scan QR code tiket.

Ga lama dari itu Kereta Dhoho udah standby di track 4. Pukul 5:00 tepat Kereta Dhoho berangkat menuju Stasiun Ngadiluwih.

Di jadwal kereta ini berangkat dari Surabaya pukul 5:00 dan sampai di stasiun Ngadiluwih pukul 9:20. Jadi sekitar 4 jam lebih lamanya perjalanan pulang.

Di dalam kereta gabut banget si saya. Mau tidur tapi pas kereta lewatin rel yang agak miring tuh air AC nya malah netes dan jatuhnya tepat di diatas saya, hangdehh.

Saya bilang ke mas" petugas nya buat dibersihin air tetesan AC nya tadi. Pas udah dipel, eh ga lama juga netes lagi. Udah ah biarin aja. Nanti juga capek sendiri airnya netes", haha.

Pukul 6:30 setelah lewat Stasiun Sumobito, Jombang tiba" kereta berhenti mendadak kaya di rem paksa gitu. Orang" diluar jalanan pada lihat kearah yang sama eh ternyata ada insiden kecil. Kata Roju ada orang tergeletak di samping rel, entah yang bener ada kejadian apa ga tau juga saya. Semoga tetap aman terkendali.

Perjalanan masih lama dan saya masih tetap gabut, coba" dengerin lagu dari youtube music aja deh. Kebetulan ada fl facebook(Wafa Rifqi) nyaranin kalo pengen bersemangat coba deh dengerin lagu Future-Red Velvet yang jadi ost nya drakor Start-Up.

Seru juga si, baru kali ini saya dengerin lagu bahasa korea campur english.

Dan akhirnya pukul 9:20 tepat kita sampai di stasiun Ngadiluwih. Kita turun dan bisa menghirup udara segar kembali setelah 4 jam lebih di dalam gerbong ber-AC.

Lalu kita jalan ke tempat penitipan sepeda motor. Saya tanya ke mas penjaga nya berapa bayarnya. Beliau jawab 12 rebu. Saya kira itu buat 1 motor. Eh ternyata buat 2 motor saya sama Habib. Jadi 1 motornya bayar 6 ribu.

Langsung kita balik ke rumah Roju buat rapihin barang bawaan. Beberapa barang saya masih di tas nya Habib dan saya pindah ke jok motor saya.

Pas sampai rumah Roju, kita disambut hidangan masakan emak nya Roju. Kita bertiga sarapan dulu sambil cerita ngobrol" tentang kemarin di Makam Sunan Ampel.

Karena hari Jumat dan badan udah pliket(lengket) saya sama Habib izin pamit pulang sama emak Roju. Ga nyaman banget, ga mandi dari kemarin, haha.

Alhamdulillah bisa berangkat dan pulang sampai rumah dengan selamat tanpa kurang satu apapun. Semoga cerita saya bermanfaat. Terima kasih ^_^

Satu wejangan dari om Ranggi Ragatha,

“Bepergianlah sejauh kakimu melangkah, dan temukan sesuatu yang baru dari perjalananmu”.

Author

Superisom Ulil

Seorang bocah yang suka hal-hal baru, apalagi gratisan. Mau temenan? FB saya @Superisom Ulil. Add sekarang atau nggak sama sekali‼

Silahkan anda berkomen maupun curhat disini, kalo mau ngasih duid temntu sangat boleh, haha

1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.