https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

SKAL MANSA Goes To Bali 2020

13 Jan 2020

Pura Ulun Danu Bratan
pura ulun danu bratan

*Disclaimer
•beberapa tulisan di post ini sengaja saya gunakan bahasa santai dan tidak baku, terlebih pada caption setiap gambar yang menggunakan kata tanpa huruf kapital.
•setiap gambar dalam post ini  merupakan dokumentasi pribadi, kecuali gambar pertama di atas yang saya colong dari galeri bawan hp realme.

Post kali ini waw sekali kalo saya kata. Gimana enggak, tiap aktivitas terkait SKAL (Studi Kenal Alam Lingkungan) kedua saya ini hampir semua ada saja bobroknya. Mulai dari awal banget misalnya, terutama soal pembayaran. Tapi sebelum itu kan ada voting pemilihan destinasi wisata beserta budget yang diperlukan. Ada 3 pilihan tujuan wisata waktu itu. Ke Jogja (saya udah pernah, hehe), ke Bandung, sama ke Bali. Lebih spesifiknya untuk Jogja ke Lava Tour, Bandung ke Trans Studio Bandung, dan di Bali paling banyak nih, berbagai lokasi wisata internasional lah (intinya keliling pulau Bali gitu.
list tujuan skal
Pas waktu voting saya milih ke Bali dong, secara saya sendiri belum pernah kesana, juga berdasar cerita Pak Arif OR waktu kegiatan habis pemanasan olahraga, katanya kalo belum pernah ke Bali sama sekali, mending milih ke Bali aja. Soalnya kecil kemungkinan kita bakal ke Bali sendirian, kapan lagi kalo nggak pas SKAL SMA kaya gini, ya kan. Lagipula dari ketiga tujuan wisata yang ada, paling murah budgetnya ya ke Bali ini dengan waktu wisata paling lama, sama kaya ke Jogja yaitu 5D 2N (5 hari 2 malam). Sedangkan ke Bandung itu budgetnya paling tinggi, lamanya wisata cuma 3 hari 2 malam pula.

Kalo bisa pilih untung banyak yang murah+lama, kenapa enggak? Ya khan. Dan hasil voting dari seluruh angkatan kelas 11 paling banyak milih tujuan ke Bali, Yeay. Ya secara pilihan ini emang paling efektif dan solutif si, haha. Udah biaya terjangkau, wisatanya lumayan lama juga, jadi bisa sejenak kabur dari rumah dah, aowkaowkaoak.

Bulan Desember setelah fix tujuan wisata SKAL kali ini ke Bali, lalu ada proses pembayaran nih. Bayarnya Rp 1.035.000,- untuk biaya keseluruhan SKAL per siswa. Sudah termasuk makan dan fasilitas akomodasi serta menginap di hotel selama 2 malam (padahal cuma numpang tidur sama makan doang, tapi nyatanya juga dihitung nginep 2 hari, cuih).

Pada proses pembayaran ini banyak juga persoalannya, ya wajar juga si, soal urusan bayar-membayar tau sendiri lah gimana, haha. Ada yang katanya udah fix ikut SKAL tapi karena kendala pembayaran akhirnya ga jadi ikutan-lah, ada yang pengen ikut tapi orang tuanya ga ngizinin karena ga tega anak kesayangannya terlalu jauh dari rumah (ini Ane gang Sempol Nronggo). Terus ada juga yang mau ikut SKAL kalo ada yang bayarin, kalo ga ada ya ga ikut (siapa juga yang bayarin gratis kalo ga ortunya sendiri, ada² saja, xixi).

Saya sendiri sebenarnya juga ada sedikit kendala waktu pembayaran ini (apalagi kalo bukan soal duid). Dari 38 siswa di kelas, 4 anak diantaranya mengajukan kendala pembayaran kepada Bu Asri Petok selaku wali kelas. Itu karena sebelumnya beliau bertanya, “Siapa anak-anak yang merasa keberatan soal biaya SKAL?” waktu akhir mapel SKI di kelas hari Senin.

Seingat saya 4 anak itu adalah Hima Ngancar, Ane Ngronggo, Yesi Blitar dan saya. Keempat anak ini hampir sama keluhannya soal 'duid'. Kecuali Ane yang emang ortunya keberatan kalo anaknya jauh dari rumah, ngakak si. Secara, SKAL itu pesertanya tiga ratusan siswa dengan didampingi guru sendiri dan tour leader profesional beserta driver bis handal yang siap menjaga keamanan dan kenyamanan para siswa selama kegiatan SKAL. Harusnya ortu juga mendukung dan mempercayakan hal ini pada madrasah dan biro travelnya si. Jadi ga perlu lagi tuh khawatir kalo anaknya nanti tersesat, kepleset, apalagi hilang ditelan bumi, haha.

Tiga siswa lain yang keberatan soal pembayaran, diberi solusi sama Bu Asri . Pas dikelas, beliau mengatakan sanggup membantu bayarin sebagian biaya SKAL yang penting semua siswa di kelasnya bisa ikut. Setelah itu saya bilang ke bapak di rumah, biayanya 1 jt 35 ribu dan bapak hanya sanggup ngasih 700 ribu saja. Ya sudah, esoknya saya temui Bu Asri lagi di ruang guru dan hanya mampu bayar 700 ribu itu aja. Selebihnya saya kira beliau yang nutupin. Tapi ternyata dipinjami sementara, ga dibayarin. Yaudah deh, saya pasrah aja (agak kecewa si). Entah gimana lagi saya bisa lunasin pembayarannya kalo bapak udah ga sanggup nambah lagi. Itu pun juga uang bayaran kerja bapak sebagai tukang bangunan selama setengah bulan.

Besoknya saya masih masuk sekolah seperti biasa dan ada panggilan buat beberapa siswa yang terdaftar PIP (Program Indonesia Pintar, semacam beasiswa). Saya termasuk yang dipanggil sama beberapa siswa lainnya. Lalu ada dikasih info sama Bu Ima buat cairin dana nya di Bank BNI Pasarpahing. Waktu itu saya boncengan sama Imam, pas di perempatan utara RWS saya kebablasan ke utara karena belum tau jalanan situ, eh ternyata harusnya belok kanan (ke timur) deh (ngakack). Sampe di Bank, nunggu antrian di luar karena banyaknya siswa yang mau ambil disini. Lalu masuk bergiliran ke teller buat tanda tangan buku tabungan rekening PIP. Dan dana bisa langsung cair cash sebesar 1 juta.

Alhamdulillah banget Ya Allah, pas emang lagi butuh kok ya pas cair bantuannya. Langsung itu saya balik ke sekolah dan lunasin kekurangan biaya SKAL ke Bu Asri sebesar 335 ribu pake dana PIP. Selesai sudah akhirnya persoalan pembayaran SKAL buat siswa yang terdaftar PIP yang awalnya keberatan buat lunasin. Memang benar kalimat dari Prof. Rhenald Kasali, “if you want, you will find a way” (jika ada kemauan yang kuat, pastilah akan menemukan jalan juga). Dan sudah saya rasakan hal ini.

Hari-hari terus berjalan hingga memasuki bulan Januari. Banyak teman-teman kelas 11 yang bilang kalo belum siap buat SKAL. Salah satunya Cahyo Banjaranyar, dia bilang gini ke saya waktu jalan bareng di tangga mau naik ke kelas, “wah, gimana ini, Lil? Gak lama lagi udah mau berangkat SKAL aja nih.” Saya celetuk, “yaudah tinggal berangkat aja, semua udah siap khan? Dulu waktu mau magang di BLK Tulungagung yang lamanya 2 minggu santai-santai aja tuh, asal udah disiapin semuanya.” “Lha kamu gimana persiapannya, Lil?” lanjut Cahyo. Saya jawab, “bawa aja perlengkapan yang emang diperlukan, ga usah muluk-muluk bawa ini itu, ingat! ini SKAL, bukan minggat. Kalo saya pengennya cukup bawa 1 tas gede sama 1 tas kecil aja.” Cahyo lanjut,“ga bawa koper?”. Saya jawab,“ga, nanti ribet bawanya.” Padahal aslinya emang ga punya koper aja si, haha.

Sampai pada hari Sabtu H-2 keberangkatan, saya coba searching cari info yang berkaitan sama kegiatan SKAL di Bali. Baca-baca ulasan pengunjung di tiap obyek wisata. Apa keunggulan dan gimana tempatnya. Baca cerita blog orang-orang yang pernah ke Bali, apa aja aturan disana yang boleh dan ga boleh dilakukan. Sampai-sampai browsing soal bed twin sama king twin di hotel nanti bedanya apa. Karena keasyikan gali info soal Bali, sampe lupa ga tidur siang deh. Waktu itu juga disuruh Om Ba'i buat bantuin pasang jendela kamar sama dekorasi sedikit dalam kamarnya.

Lanjut besoknya H-1, hari Minggu. Saya baru persiapin bener barang apa aja yang bakal dibawa nanti. Jadi saya bawa 2 baju Hem, 1 kaos, 1 celana jeans, 1 sarung, 2 stel seragam putih dan biru khas, sandal, sepatu dan tak lupa pakaian dalam. Untuk bekalnya cukup snack keringan, beberapa buah salak sama apel, minuman botolan sama permen seplastik biar ga boring. Ini semuanya saya packing cukup hanya dengan 1 tas gede. Lah emang muat segitu banyaknya? Tasnya segede apa emang?. Tasnya ukuran biasa buat sekolah yang agak gede, tentu saja muat dengan pengaturan tempat yang dimaksimalkan. Jadi saya simpan pakaiannya bukan dilipat seperti biasa, ini sebenarnya tips buat yang suka bepergian bawa baju di tas.

Jadi lipatnya digulung rapih sampai bentuknya silinder, kira² seukuran botol sirup Marjan. Tujuannya buat maksimalin space yang longgar di dalam tas. Dengan metode ini, bawa pakaian banyak sekalipun tetap cukup dan muat, (asal ga se lemari dibawa semua). Bahkan bisa bikin pakaian tetap halus tidak kusut dibandingkan dengan cara dilempit biasa.
tas om ba'i yang saya pinjam
Untuk HP sama kelengkapan lain kaya charger, earphone, obat kecil, sama barang printilan lainnya saya masukin ke tas selempang kecil. Nah, ini tips lagi dari saya. Untuk tempat uang, sengaja saya pisah-pisah. Dulu itu saya bawa uang saku sekitar 450 ribu, di dalam tas bagian belakang ada 200 rb, bagian depan ada 100 rb, bagian bawah yang buat nyimpen mantel tas itu saya selipin 20 rb, di kantong celana ada 50 rb, lalu 30 rb nya saya pecahin jadi uang kecil 5 rb, 2 rb sama koin 5 ratusan yang banyak. Ini buat antisipasi kalo pengen kencing di toilet umum yang berbayar. Biasanya buat BAK itu bayar 2 rb, dan BAB atau kalo mau mandi bayarnya 5 rb. 

Apakah itu worth it? Kalo di tempat destinasi wisata kaya Bali wajar aja si segitu, soalnya pengunjungnya banyak banget. Turis mancanegara aja sampe berbondong-bondong, apalagi yang pendatang domestik yang dalam negeri. Jadi biaya pemeliharaan toiletnya itu yang bikin pipis meskipun sak crit aja disuruh bayar 2 rb. Haha.

Selesai packing persiapan sampe siang, saya tidur sebentar. Sore hari itu, Agus Ngawinan dateng ke rumah buat pinjam tas saya satunya yang dapat dari magang di BLK dulu. Kenapa dia pinjam? Soalnya tas yang dia punya tipe tas dari bahan kain lembek, jadi bodinya ga ngotak. Kalo diisi barang penuh mungkin juga ga muat dan bentuknya jadi aneh. Itu si menurut saya, ga tau juga menurut Agus gimana, xixi. 

Sambil ngobrol² juga di teras, saya, Agus, sama Mak Jirah. Mak Jir ngomong kalo tetangganya (juga temen saya SD) Lynda yang udah SKAL duluan di Man sebelah katanya ga doyan makanan di Bali. Jadi dia beli sendiri makanan kaya nasi goreng yang bukan dari pesenan biro travel pas di resto. Tapi nyatanya saya enggak juga tuh, enak juga kok makanan khas Bali. Cuma kesan aromanya aja yang sedikit beda sama masakan Jawa, yang penting halal aja si. 

Setelah itu lanjut persiapan istirahat sampe malam. Pas waktu mau tidur, tiba² om panggil saya yang hampir terlelap di kamar buat ngasih snack, beberapa susu bantal sama uang 150 rb buat tambahan bekal. Hamdalah....mau tidur pun masih ada aja rejeki menghampiri.

Pada esok harinya tepat hari Senin, 13 Januari 2020 waktu masih page banget sekitar pukul 3 dinihari saya cepet-cepet bangun tidur dan persiapan (intinya semangat banget dech :V). Habis bangun langsung saya Raup (cuci muka) dan ibu bikinin sarapan nasi putih pake telur ceplok sama susu hangat. Entah kenapa sejak SKAL saya SD sampe SKAL Man ini menu sarapan sebelum berangkat SKAL nya pasti antara nasi putih+telur ceplok ditambah minumnya teh atau susu hangat. Itu si yang saya suka sama ibu, menu sarapan sesuai dengan keadaan saya yang lagi gamau ribet ditambah enak juga, hehe.

Selesai sarapan saya mandi, *berrr...adhem bhanget lhurrr (pake ha biar medhok). Secara pukul setengah empat dinihari pagi buta gituloh. Apalagi ini bulan Januari (yang kalo kata mbahkung-nya Agus, Bulan Januari itu bulannya hujan sehari-hari). Ya meskipun hari itu lagi ga hujan, tapi hawanya adhem bhanget, nyess. Udahlah ngapain malah bahas ginian, kaya pawang hujan aja.

Lanjut setelah mandi saya pake seragam PAA (putih abu-abu) dan enggak sholat subuh di rumah. Kenapa? Ya karena belum masuk waktunya dan emang disuruh sholat berjamaah di masjid Man saja nantinya. Jam menunjukkan pukul 4, saya segera masukin barang-barang ke tas gede. HP saya kantongin di saku celana. Saya pun salim sama ibu, sama emak, semoga diberi keselamatan, kelancaran dan berangkat sama bapak naik motor Vario merah. 

Sebenarnya saya masih pengen nyantai dulu si, tapi ibu malah nyuruh cepet-cepet berangkat. Yaudah deh, itung-itung dijalan nanti biar bisa kalem ga ngebut. Pas nyampe di pertigaan Jetis, Ngronggo, mobil Pak Mukhtar yang nganterin Dina tetangga saya nyalip motor bapak sambil nglakson saya tuh, saya sama bapak bales nyapa “nggiehh” (mungkin mereka ga denger juga, lah di dalem mobil, haha).

Ngeeng...akhirnya sampe juga di Man. Saya sama bapak masuk gerbang dan duduk-duduk dulu di deket taman depan. Kebetulan juga ortunya Ika, Jengglong udah duduk disitu. Tiba-tiba “srett”, pikiran saya sedikit kaget dan tegang, ternyata tas selempang kecil saya ketinggalan di cantolan pintu lemari rumah nih. Waduh segera saya ngomong ke bapak kalo tas kecilnya ketinggalan. Bapak awalnya niat mau ngambil balik, tapi saya pikir ga enak juga nanti bolak-balik, nanti waktunya juga ga nutut. Secara di dalam tas itu saya simpan duit sama beberapa barang penting lain. Akhirnya disuruh nelpon om Ba'i di rumah buat nganterin tas kecil saya.

Selagi nunggu om sampe Man, saya sholat subuh berjamaah di Masjid Ulil Albab-nya Man 1 Kota Kediri. Selesai sholat saya turun dari masjid dan ngobrol sebentar sama Bima S3 dan teman lainnya di depan ruang guru. Beberapa menit ngobrol, lalu saya keinget kalo om bakal nganterin tas, saya segera berjalan ke taman depan tempat bapak duduk tadi.

Ternyata tas udah dipegang bapak, om katanya udah balik pulang lagi. Hamdalah...ternyata masih rezeki tas saya ga jadi ditinggal. Sebenarnya pas waktu subuh bapak udah harus pulang untuk jadi imam sholat di masjid depan rumah, tapi untuk hari itu sementara digantiin sama Pak Sudar dulu karena bapak masih di Man nungguin keberangkatan saya. Itu sekitar pukul 5 ternyata belum ada tanda keberangkatan eh. Bis nya aja belum sampe. Yaudah bapak biar pulang aja dulu, nanti waktu saya berangkat dikabarin lagi.

Tiba-tiba suara speaker toa dari Pak Ikhsan bunyi, “halo semua, mohon perhatiannya peserta SKAL agar segera berkumpul di lapangan utama untuk melaksanakan apel keberangkatan”. Dan sudah seperti biasa, budaya orang kita apa-apa tuh selalu molor. Udah disuruh diobyak-obyak buat cepat kumpul, tetap saja pada nyantai nongkrong di depan kelas. Baru 15 menit kemudian para peserta mulai berbaris di lapangan. Ada sambutan dari Kamad (kepala madrasah), Pak Hary juga dari Pak Ikhsan selaku Waka kesiswaan. 

Lalu ada pembagian nasi kotak buat sarapan para peserta SKAL. Sengaja ga saya habisin makanannya, soalnya udah kenyang dari rumah dan takutnya malah mual-mual pas perjalanan nanti. Selesai sarapan saya cuci tangan dan kencing ke kamar mandi belakang sama Imam. Ini sekitar setengah 6 pagi belum juga ada tanda mau berangkat. Teman-teman masih santuy aja sambil nongkrong di depan kelas. Udah agak siangan, siswa kelas 10 sama kelas 12 sebagian mulai berdatangan karena mereka masih KBM (kegiatan belajar mengajar) seperti biasa.

Bahkan sangking tidak sabarnya, para peserta SKAL hingga keluar gerbang menunggu kedatangan bis. Tak berselang lama, mobil dari pihak biro travel datang ke Man. Entah dalam rangka apa mereka ke sini belum ada yang tahu. Karena anak sini terbilang "bar-bar", di pintu belakang mobil biro travel nya kan ada nomor kontak tuh, langsung deh pada nge spam SMS dan telepon ke nomor tadi dengan tujuan meminta kejelasan kapan berangkatnya rombongan ini. 

Tapi tetap saja ga ada respon dari pihak biro travel. Setelah berbincang beberapa saat, ternyata terjadi miskomunikasi jadwal keberangkatan antara pihak biro travel dengan pihak armada bis. Tapi, tak lama kemudian rombongan armada bis berwarna biru berjumlah 7 unit datang satu persatu. Kali ini Man bekerja sama dengan armada bis PO. Mahkota dari Plemahan, Kediri.

Karena sudah ga sabar, para peserta SKAL segera memasuki bis sesuai pengaturan dari panitia SKAL. Kami kira setelah semua peserta masuk bis nya masing-masing lalu dapat segera berangkat. Tapi nyatanya enggak, mulai dari pukul 8 hingga pukul 11 siang masih nunggu lagi di dalam bis. “Waduh, belum apa-apa udah keburu capek ini kelamaan duduk di dalam bis” saya. Gatau ada permasalahan apa di pihak panitia dengan biro travel sampe bisa telat selama 6 jam dari jadwal keberangkatan yang awalnya pukul 5 sudah berangkat dari Man. Ini termasuk kebobrokan yang saya tulis diawal banget si, udah telat berangkat capek nungguin pula.

Udahlah gapapa telat, yang penting sekarang bisa mulai berangkat. Sekitar pukul 11 siang, baru secara bergiliran rombongan bis mulai jalan keluar dari area depan Man menuju jalan raya.
tampak tempat duduk dalam bis mau berangkat

DAY 1 ~PENGALAMAN PERTAMA NAIK KAPAL LAUT


Sesuai jadwal di hari pertama tepatnya hari Senin, 13 Januari 2020 yaitu kunjungan studi ke UIN Maliki Malang. Dari waktu keberangkatan pukul 11 dan tiba di UIN Malang sekitar pukul 2 siang. Padahal jika awal waktu keberangkatan kita tidak terlambat, sebenarnya pukul 10 sudah tiba di lokasi. Agak malu juga sebenarnya saat sosialisasi di auditorium utama, malunya itu karena salah satu pembicara dari UIN Malang membahas soal keterlambatan kunjungan ini. Juga saat Bu Badi'ah diajak ngobrol dengan beliau bapak pembicara, kelihatan kurang fokus, mungkin agak kecewa karena telat, juga capek kali. Jadinya ga fokus bahas info seputar kegiatan perkuliahan di UIN Malang ini.
ceilehh potbar sama (dari right: p. zein, p. robert, p. yeyye)
Oia, ada juga pembicara alumni Man 2 Kediri yang sekarang jadi Man 1 tempat saya sekolah. Beliau adalah Bapak Agus Maimun yang kebetulan sampai sekarang menjadi dosen tetap di UIN Malang. Selesai sosialisasi dan seminar , semua peserta diperbolehkan foto bersama dengan para alumni Man 1 yang sekarang menjadi mahasiswa di sini, juga bersama Pak Agus Maimun, salah satu alumni Man 1 yang sukses dalam karir akademiknya. Sekitar pukul 4 sore semua peserta makan nasi kotak di area depan masjid UIN Malang. Selesai makan, kita sholat duhur dan ashar dengan jama' ta'khir bersama diimami Pak Yeye (Yahya).

Lalu ada yang mandi, ganti pakaian dari seragam PAA ke baju bebas rapi. Tapi saya ga ganti, pengennya besok aja pas transit di Kurnia Village Bali sekalian mandi disana. Lagian nanti malamnya juga masih perjalanan agak lama ke pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Jadinya kan ga terlalu kelihatan orang, cuma duduk di bis aja berjam-jam, harusnya disambi tidur juga ga masalah tuh. Selama perjalanan melewati rute pantai utara (Pantura) pulau Jawa ini, banyak banget saya lihat tempat-tempat bagus dan unik.

Yang paling berkesan si pas lewat di daerah Paiton, Probolinggo. Soalnya ada kawasan PLTU Paiton (PT. Jawa Power) yaitu perusahaan tempat PLTU (pembangkit listrik tenaga uap) yang luasnya mencapai 400 ha dan merupakan PLTU terbesar se-Indonesia bahkan salah satu di Asia Tenggara. Yang bikin keren tuh pencahayaan PLTU Paiton ini yang bisa dilihat terangnya lampu kuning kemerahan berbinar bahkan dari jarak 1 KM. Pas udah dekat...waww eksotis banget. Indah deh pokoknya dilihat waktu malam hari.

Sekitar pukul 12 malam kita sampai di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk. Semua peserta turun dari bis untuk berjalan secara berbaris masuk ke kapal penyeberangan. Lah, bis nya gimana dong? Bis nya bisa ikut nyeberang kok, jadi untuk kendaraan masuknya ke dek kapal bagian bawah, sedangkan penumpang orang masuknya mulai ke dek lantai 2 ke atas. Waktu perjalanan diatas kapal, saya duduk di dekat jalur turun keluar kapal. Pengen aja gitu lihat pemandangan di luar pas nyebrang sama lihat Selat Bali di kegelapan malam. Karena hawanya dingin, saya udah persiapin dari rumah bawa Antangin sachetan. Saya minum langsung dari bungkusnya, biar ga masuk angin dan mabuk perjalanan. Maklum saya dari kecil jarang naik kendaraan umum, jadi disiasatin aja minum obat mabuk dan herbal gitu.
penampakan di atas kapal penyeberangan
Oh iya, di tengah perjalanan tepat di atas Selat Bali, karena udah beda zona waktu, maksudnya daerah Jawa kan pake WIB (Waktu Indonesia Barat) sedangkan Bali sudah masuk kawasan WITA (Waktu Indonesia Tengah) yang selisihnya 1 jam. Jadi pas berangkat nyeberang dari Ketapang kebetulan masih pukul 1 WIB, nah pas mau sampe pelabuhan Gilimanuk, Bali, secara otomatis jam di HP kita tuh bakal naik 1 jam. Yang tadinya pukul 1 WIB, sekarang jadi pukul 2 WITA. Semua peserta turun dari kapal dan berkumpul bersama dengan dipandu oleh tour leader di area parkir pelabuhan Gilimanuk, Bali. 

DAY 2 ~Yang Terkagum-kagum dengan GWK

Dan secara bergiliran, semuanya masuk bis masing² lanjut perjalanan lagi ke lokas resto di Kurnia Village. Sampe sana sekitar pukul 5 pagi, semua peserta segera sholat subuh di musholla kecil samping resto, baru kemudian mandi pagi dan ganti pakaian. Mandinya ga gratis ya, karena emang di Kurnia Village ini biasanya sudah jadi tujuan singgah pertama kalo ke Bali lewat jalur pelabuhan penyeberangan. Jadi, pihak sana udah nyiapin banyak kamar mandi berbayar yang untuk kencing dikenai biaya 2 rb, untuk mandi bayarnya 5 rb. Kalo dikalkulasi ada sekitar 400 an orang datang pagi itu, dan kebanyakan tiap orang bayar 5 rb buat mandi di sini. Hmm, untung banyak ga tuh pihak yang punya persewaan kamar mandi, haha. Habis mandi baru sarapan pagi di resto nya. Ini pertama kali saya makan makanan di Bali, dan ternyata menunya...sayur Sop dengan tahu dan tempe. Biasa ya? Emang si, masih awal-awal di Bali. Emang selanjutnya pakai menu apa? Lebih ekstrem kah? Ga juga. Nanti deh, saya ceritain di bagian tengah-tengah, ngehe.

Setelah semuanya bersih dan kenyang, lanjut ngetrip ke obyek wisata Pura Tanah Lot, Kab. Tabanan. Sekitar pukul 10 kita udah sampe dan semua peserta turun dari bis. Jelas sekali nuansa Bali di area Tanah Lot ini, banyak pura (bangunan ibadah umat Hindu) yang kecil maupun besar di sini. Ada juga canang (semacam sesajen) yang diletakkan di sepanjang pinggir jalanan, berbagai souvenir khas Bali, dan masih banyak lagi hal lainnya. Setelah turun dari bis, kita diarahkan ke jalur masuk pantai dan pura Tanah Lot yang bangunannya terletak di atas karang pinggir laut dan melewati batu bolong sebagai jembatannya. Gerbang masuknya khas Bali banget, ada gapura gede gitu dan bagian dasar gapuranya ada dikasih tutup kain bercorak papan catur kotak² hitam putih.
mau turun ke bawah
lebih dekat
nah ini di bawah, tampak gapura gede khan..
pantai tanah lot, ombaknya gede yah soalnya lagi pasang lautnya
pura tanah lot yang berdiri di atas karang kokoh
tampak hafiz lagi poto diliat bule

Agak aneh di saya waktu itu pake jaket sama celana jeans hitam ke daerah pantai yang hawanya panas banget. Temen-temen heran juga si, yang lain pake baju lengan pendek, ada yang bawa payung juga biar ga kepanasan, tapi cuma saya kayanya yang pake jaket tebel. Biarin lah kata saya, sukak-sukak yang pake juga (meskipun emang kepanasan si, haha). Sayangnya waktu kita berkunjung ke sana, kok ya pas juga air lautnya lagi pasang (high tide). Jadi ga bisa terlalu dekat bibir pantai deh. Akhirnya ya cuma bisa jalan-jalan sama foto doang. Kita foto sekelas 11 MIPA 3, alias kelas_bobrok.
potbar sekelas, -rois & cahyo
versi ughtea
Setelah puas main di sini, kita balik ke area parkir bis, ternyata ada tour guide lokal asli orang Bali yang bakal memandu kita di setiap obyek wisata yang akan dikunjungi. Karena hawanya panas kalo di dalam bis, soalnya mesin masih mati otomatis AC mati juga, akhirnya nunggu aja di luar bis sambil ngadem di bawah pohon. 

Ada juga pedagang warung lokal yang nawarin es degan, bahkan ada juga yang nawarin arak Bali botolan. Setahu saya dari pihak Man ga ngebolehin beli arak atau minuman keras si, tapi gatau juga ada peserta yang beli apa ga. Kalo saya mah mana berani beli gituan, mending buat beli Aqua cup dapat sekardus tuh. Nah setelah para Mbok-Mbok (red: kakak) tour guide masuk ke tiap bis 1 orang, kita semua lanjut jalan.

Selanjutnya perjalanan ke Tanjung Benoa, *e tapi ga jadi. Harusnya emang kesitu dulu tujuannya, tapi ga tau ternyata ada perubahan jadwal dari panitia SKAL. Jadinya skip langsung ke Pantai Pandawa, Kab. Badung . Dalam perjalanan, bis saya (nomor urut 7) kebetulan dapat tour guide bernama Mbok (kak) Yanti. Dia orang asli Bali. Selama perjalanan di dalam bis, Mbok Yanti banyak cerita seputar Bali. Mulai dari penamaan orang Bali, adat budaya di Bali, pakaian, sampai makanan khas Bali. 

Dia juga ngejelasin beberapa kosakata dalam bahasa Bali. Yang lucunya, ternyata uang (duid) dalam bahasa Bali tuh namanya 'pipis', Iyah beneran pipis (bisa cek info nya di google). Jadi semisal kita mau izin ke belakang bilangnya jangan “izin mau pipis”. Wah, dikiranya horang kaya tuh buang² duid di toilet, haha. Jadinya cukup bilang “izin mau kencing” gitu aja deh kalo menurut saran Mbok Yanti. Nanti orang sana ngiranya buang pipis tuh sama dengan buang uang soalnya, hehe.

Nah karena kita ga jadi ke Tanjung Benoa, sekitar pukul 12 siang langsung cus ke tujuan berikutnya yaitu Pantai Pandawa. Tapi sebelumnya makan siang dulu di resto dekat area Pantai Pandawa. Baru setelah kenyang lanjut masuk kawasan pantai. Jalanan ke sini tuh keren, ada turunan dan belokan tajam, samping kiri jalan ada tebing batuan padas gitu. Dan masuk ke area parkir yang luas banget. 
resto & toko oleh² pantai pandawa
iseng motret bangunan lagi dibangun
ini juga iseng, suka aja sama konstruksi bangunan
jalan eksotis ke pantai tersembunyi
patung salah satu tokoh pandawa
jalannya mulus
bukit tebing tempat wisata paralayang dekat pantai
Setelah ke tujuh bis telah parkir dengan rapi, kita semua turun dan langsung merapat ke kawasan dekat pantai. “Ternyata pasir pantai tuh kaya gini ya rasanya, ga halus² banget macam pasir yang ada di tipi”, gumam saya. Tapi ya ga semua pasir pantai emang halus si, ada yang berkerikil kecil kaya Pantai Pandawa, bahkan ada juga yang berbatu dan ada pecahan cangkang kerangnya gitu. Kok norak gini, secara saya baru kali ini nyentuh pasir pantai dan air laut yang asin itu secara langsung, sebelumnya cuma lihat laut dari jauh aja, maklum anak rumahan, hehe.
Kamil pas agak kurusan
gembul pas masih goodboy
ulil liatin imam maen pasir
Kita di sini ya main-main di pinggiran pantai doang, ga sampe nyebur apalagi nyelem ke laut. Sayang bajunya si daripada kebasahan, juga nanti kudu mandi lagi, ribet khan. Mending banyakin poto² aja sama temen, mumpung di Bali, xixixi. Tapi sayang, hawa di sini waktu itu lagi panas banget. Lah, tengah hari jam 1 siang, di pantai lagi, dobel suhu deh pokoknya. 
3 boyband cari kerang
karang lautan keliatan
mode panorama
Karena udah masuk waktu duhur, saya sama teman lain pengennya sholat di musholla ujung parkiran si. Tapi ga jadi soalnya rame banget, pasti kudu antre lama nih. Iya kalo nanti ga keburu disuruh cepet balik ke bis lagi. Yaudah deh, ga jadi sholat di mushola sana. Dan tepat pukul 2 kita disuruh ceper masuk ke bis, hmm. Habis itu saya cepetan masuk bis, dan karena saya ngerasa kehabisan banyak tenaga di pantai abis panas-panasan, saya minum tuh minuman air isotonik sebut saja Pocari Sweat. *Akhhhh…, lega rasanya dahaga terobati. Asli sueger loh habis minum ini minuman. 

Pas baru aja minum 3 tegukan, Pak Nurkholis guru pendamping bis 7 ada ngasih informasi kalo sebenarnya sehabis kita keluar tenaga dan keringat banyak itu yang bagus minumnya ya produk minuman susu gitu. Boleh aja minum minuman isotonik, tapi kandungannya masih lebih bagus minuman olahan susu buat nambah energi tubuh. Untung waktu sebelum berangkat SKAL saya dikasih juga 5 susu bantal Realgood rasa stroberi dan coklat sama Om Ba'i. Jadi bersyukur masih diberi rezeki berupa susu yang khasiatnya gak kalah sama minuman isotonik.
mau pulang
diajak potbar sama fangirl
anjm posekuh
Dan lanjut bis jalan, kali ini ada obyek wisata yang gagal dikunjungi lagi, yaitu Puja Mandala, masih di Kab. Badung. Sedikit yang saya tahu, Puja Mandala ini merupakan tempat 5 bangunan ibadah umat Muslim (masjid), umat Kristiani (gereja), umat Hindu (pura), umat Buddha (vihara), dan Kong Hu-cu (kuil). Dan disini tingkat toleransi antar umat beragama tuh terjaga banget. 

Jika ada acara besar keagamaan salah satu agama yang perlu tempat parkir lebih di bangunan ibadahnya, maka lahan parkir bangunan ibadah lainnya pun memberi akses bagi jamaah yang datang beribadah di sini. Misalnya waktu sholat Jumat, karena jamaah yang datang lumayan banyak dan kekurangan tempat parkir di area masjid, maka tempat parkir gereja misalnya, itu bisa ditempati oleh motor para jamaah sholat Jumat saat itu. Inilah indahnya toleransi di sini.

Sayangnya kita ga jadi mampir ke sini, cuma lewat doang. Dan lanjut jalan menuju ke Cultural Park GWK (Garuda Wisnu Kencana), Kab. Badung. Sampe sana sekitar pukul 4 sore, kita langsung antre buat dibagiin tiket masuknya. Jalan dan tempat parkir ke gerbang masuk area obyek GWK ini lumayan jauh, melelahkan si sampe pegel kaki saya, ditambah sore-sore lagi. 
ticket masuk gwk
Di sini tuh sistem masuk gerbang pake karcis atau tiket tadi, terus tinggal di tempelin (scan) QR Code nya ke scanner di depan gerbang kecil buat 1 orang itu. Setelah masuk ke dalam, waw…, keren banget tempatnya. Luas dan terkesan megah. Jadi sebenarnya jalan yang dilewati di area Cultural Park GWK ini dulunya berupa tanah bebatuan yang kemudian dikeruk menggunakan alat berat dan dijadikan cekungan² berupa jalanan. Intinya begitu si menurut pengamatan saya. 

Karena dinding samping kiri kanan tuh ternyata dari batuan padas yang kelihatan bekas kerukan dari alat berat tadi. Saya ga pasti si pas jalan kemana-mana nya sama siapa, kadang gabung temen sekelas, kadang cuma berdua, kadang ngawur aja gabung sesama anak Mansa meskipun belum kenal. Kali ini saya sama temen sekelas berjalan merapat ke patung utama GWK yang agak jauh di atas. 
random aja
Ternyata turis asing dari India banyak juga yang main ke sini, saya lihat mereka naik sepeda listrik sewaan pas menuju ke patung utama juga. Kalo saya sama temen² mah, mending jalan kaki aja. Sayang duidnya, daripada buat nyewa sepeda ga sampe sejam, mending buat beli cilok ea, hehe. Ada juga yang males jalan kaki dan nyewa mobil golf mini gitu buat keliling bareng². Pas udah sampe depan bangunan patung yang super megah ini, ya apalagi kalo ga foto-foto, hihi. Mereka kebanyakan pada foto selfie si, tapi saya malah asik poto patung, poto pemandangan, bahkan segawon (baca: anjing) pun juga saya potoin. Gatau juga, emang lebih suka motion daripada dipotoin kalo saya. 
segawon itu anjing!
patung gwk yang megah
Sebenarnya bisa masuk ke gedung museum yang ada di bawah patung Dewa Wisnu naik burung Garuda ini, tapi waktu itu kayanya lagi tutup. Yaudah setelah puas poto-poto di atas, kita jalan turun ke bawah lagi buat nonton pertunjukan tari Kecak Bali. Jadi setiap 4 jam sekali memang ada pertunjukan tari di sini dan juga di amphiteater indoor di dalam. Kebetulan waktu itu pukul 5 sore dan mereka baru mulai main. Asik nih bisa nyantai sambil selonjoran di rerumputan. Saya duduk di agak samping belakangnya Pak Nurkholis yang lagi rebahan. 
pada nonton pertunjukan tari kecak
lagi nyantai
mode panorama
agak petang
keren loh
Tiba-tiba ada pesawat lewat tepat di atas tempat ini (maksudnya kelihatan tepat dari bawah kita gitu). Bekas asap buangan pesawat itu kelihatan mengekor panjaang banget, kata Pak Nurkholis itu pesawat lintas benua tuh, keren!. Setelah agak petang pukul 18.30 WITA kita balik menuju area parkir. Kalo disini, jam setengah 7 tuh masih kelihatan sore banget. Soalnya emang lebih cepat 1 jam dari WIB si. 
bobrok boys
sama aja, cuma beda pose
Kita semua masuk bis, eh sebelum itu saya sempat foto patung GWK dari kejauhan area parkir bis dan hasilnya keren meskipun agak burik si (maklum kamera 3 MP, xixixi). Tapi asli kalo lihat langsung dijamin terpukau deh, tampak sorot lampu warna-warni menghiasi patung, top pokoknya. Oia, patung GWK di Bali ini memiliki total ketinggian 121 meter dan melebihi tinggi Patung Liberty di New York, USA yang tingginya 93 meter saja.
patung gwk bersinar di malam hari
Lanjut, kita jalan ke obyek yang bukan tempat wisata tapi mengasyikkan juga. Yaitu ke hotel…, pukul 7 malam mulai jalan dan pukul 10 kita sampe di Lorin New Kuta Hotel yang berada di kawasan eksklusif Pecatu Indah Resort, Jimbaran. Kalo masuk kawasan ini harus bayar di loket gerbang gitu, karena di dalamnya terdapat banyak obyek dan bangunan istimewa macam hotel berbintang, beach club', resto berkelas, bahkan lapangan golf terbesar Bali pun ada di sini. Kebetulan hotel yang kita booking adalah Lorin New Kuta Hotel berbintang 4 yang fasilitasnya cukup memadai buat rombongan pelajar yang jumlahnya ratusan ini.

Pertama datang, kita disambut resepsionis dengan sajian air minum jeruk fresh. Sambil menunggu pembagian kunci kamar, saya duduk nyantai dulu di lobby. Kebetulan saya satu kelompok kamar dengan Kamil Keras sebagai ketua kelompok, Cahyo Banjaranyar, dan Mahesa Puncu. Jadi dalam 1 kamar hotel ditempati 3 sampai 4 orang saja dari sekitar 360 peserta SKAL termasuk guru beserta crew dan juga 7 tour guide.

Setelah Kamil mendapatkan kunci kamar nomor 1305 berbentuk ID card, saya bersama Cahyo segera mencari letak kamar tersebut. Sementara itu Kamil mencari Mahesa yang entah kemana. Saya dan Cahyo sempat kebingungan mencari letak kamar 1305 tuh. Bahkan kita berdua sampe nyasar naik ke lift ke rooftop (lantai atap). 

Lalu ada info semua peserta dipersilahkan makan malam di resto hotel. Saya dan Cahyo masuk ke resto dan makan malam prasmanan di sana. Selesai makan, kita berinisiatif buat tanya salah satu karyawan hotel, “permisi kak, mm… kamar nomer 1305 di mana ya?”. Beliau menjawab, “oh, kamu naik tangga ke lantai 3, lalu jalan lurus ke sana (sambil nunjuk arah barat)”. Stelah itu Cahyo di chat sama Kamil suruh segera ke kamar. Dan kita langsung mengikuti arahan karyawan tadi hingga sampai di kamar. 

Ternyata Kamil udah ada di dalam kamar duluan, secara memang dia yang bawa kuncinya. Setelah itu langsung saja saya masuk dan meletakkan beban berat ini. Saya bawa tas yang isinya penuh barang bawaan, jadi emang beneran berat hawanya (kaya beban hidup). Saya baru sadar kalo di dalam kamar cuma bertiga, “lah, Mahesa mana, Mil?” tanya saya ke Kamil. Katanya masih ada urusan dia. Yaudah deh, Kamil coba cari Mahesa. 

Selang beberapa menit mereka berdua akhirnya sampai juga di kamar. Lalu Mahesa cerita gitu, dia awalnya masuk ke kamar nomer sekian (saya lupa), karena dia kira itu memang kamar yang akan kita ber 4 tempati. Mahesa sempat naruh tas sama beberapa barang di kamar (nyasar) tersebut, lalu dia tinggal keluar sebentar ke lobby. Pas dia balik masuk kamar, ternyata ada sekeluarga orang Cina yang nempatin kamar tadi. Dan Mahesa dengan sopan masuk bertemu dan mengajak bersalaman seorang pria Cina (sepertinya kepala keluarga itu), tapi pria itu ga mau. Mungkin bukan budaya sana kali ya, salaman jabat tangan kaya gitu. Dan dengan nada membentak, (tapi dengan bahasa cina dan logat nya yang ga dipahami sama Mahesa) pria Cina itu seperti mau mengusir Mahesa dari kamar, yaudah Mahesa segera keluar bawa barang-barangnya dan bertemu Kamil lalu diajak ke kamar 1305 kita sebenarnya.

Sesuai briefing dari panitia SKAL, setelah peserta memasuki kamarnya, agar mengecek setiap barang dan kondisi kamar dengan teliti. Jika terdapat sesuatu yang dirasa tidak beres, agar segera melapor pada panitia. Karena ini juga demi keamanan serta kenyamanan kita sendiri selama di hotel. 

Alhamdulillah setelah diperiksa bersama, kamar saya hanya ada 1 permasalahan kecil, yaitu pintu kamar mandi yang tidak bisa dikunci dari dalam (alias rusak). Wah bahaya nih kalo lagi mandi grujugan shower tiba-tiba ada yang ngintip dari celah pintu, parah. Langsung Kamil melapor ke panitia dan diteruskan ke resepsionis agar diperbaiki petugas hotel. Tapi nyatanya nggak ada respon sama sekali, ya udah kita akalin, kunci pintunya diganjal gunting gitu aja asal pintunya ga kebuka. 

Kebetulan Pas saya masuk kamar, cuma Faiz yang ada di sana, dia lagi ngecek kondisi kamar. Saya ikut ngecek juga, lalu dia coba nyari remote AC tapi ga ada. AC nya pun diliat nggak ada nempel di dinding. Pas saya liat² sekeliling kamar, ternyata emang ga ada AC nongol kaya biasanya, yang ada malah semacam tempat plafon menonjol ke bawah sedikit dari atap kamar, terus ada lubang persegi memanjang gitu. Saya pikir kayaknya itu deh pengganti AC di kamar ini, lalu di dekat kap lampu tidur ada nempel semacam saklar lampu. Saya coba pencet² tombol "on" dan WHOILA! hngg... suara blower menyala berdesing. 

Iya, ternyata yang saya sebut pengganti AC tadi namanya blower. Fungsinya sama, buat pendingin ruangan, tapi kalau blower ini lebih ke ngeluarin berupa udara yang sejuk, kalau AC itu lebih ke uap dingin es menurut saya. Udah kelar di kamar Faiz, saya balik ke kamar sendiri. Saya kira ini Kamil udah selesai mandi dan giliran saya. Ternyata ada Cahyo di kamar mandi, yah keduluan. Tapi gpp, sambil nunggu Cahyo selesai mandi, saya taruh baju² di lemari, pasang stopkontak 'T' buat colokan tambahan biar bisa ngecas HP lebih banyak (soalnya colokan di hotel itu terbatas). 
pas nyampe kamar hotel
Saya rebus air pakai ketel elektrik bawaan di kamar. Biar nanti bisa minum air hangat atau nyeduh kopi gitu. Cahyo selesai mandi, giliran saya deh. Pas masuk kamar mandi, saya lihat² dulu sekelilingnya ada apa aja. Jadi di wastafelnya ada sabun hotel khusus bentuknya lingkaran sama ada cairan ijo kecil gitu saya kira apaan, ternyata itu adalah shampo kata Kamil. Langsung saja saya lepas baju, sikat gigi terus mandi. Eh tapi sebelumnya saya coba BAB di WC duduk dengan duduk kaya di kursi biasa. Tapi ga bisa keluar hajatnya, lalu saya coba ndongkrong (jongkok) tetep ga bisa juga. Pasrahh.., yaudah langsung nyalahin shower, keramasan dan mandi deh. Saya pake sabun+ shampo bawa sendiri dari rumah si. Waktu itu Mahesa juga minta odol dari saya, mungkin dia lupa ga bawa.

Selesai mandi terus saya sama Cahyo, Kamil sholat maghrib dan isya berjamaah dengan jamak ta'khir. Dan Kamil sebagai imamnya. Awalnya kita kebingungan nentuin arah kiblat di sini, ternyata Kamil lihat tanda petunjuk arah kiblat di atap kamar agak mojok gitu. Pas sholat itu saya ngerasa badan kayak sedikit goyang gak seimbang, mungkin karena kelamaan duduk di bis kali ya, haha. Jadinya otak masih ngerekam gitu suasana di dalam bis yang goyang gemetar pas lewat jalan berlubang. 

*Eh apaan si malah bahas bis. Hah, capek saya udah pukul 11.30 malam. Pengennya cepetan tidur saya, tapi Kamil malah ngajak keluar awalnya. Ya saya ga aja deh, capek banget soalnya. Terus dia ngajak Cahyo, eh tibanya malah nongkrong di rooftop hotel. Parah si anack ini, malem² bukannya tidur biar besoknya fresh, malah cari angin di atas hotel, hahaha.

Yaudah, biarin ajalah mereka main di luar, mending saya tidur duluan aja. Oia, mumpung lagi ada colokan listrik gratis, saya charge HP sama powerbank punya Om Ba'i yang saya pinjam. Tiba-tiba Mahesa masuk kamar, lalu mandi dan rebahan di samping saya deket jendela sambil telponan sama kakaknya yang di rumah. Dan udah tengah malam, saya tidur. Pules banget karena badan lagi capek. Untungnya waktu tidur di hotel ini saya ga ngigau, terus jalan sambil berdiri tanpa sadar ke toilet kamar lagi. Soalnya waktu SKAL MTs tahun 2016 dulu saya pernah ngalamin kaya gini di salah satu hotel di Yogyakarta. Cerita lengkapnya udah saya tulis di sini.

DAY 3 ~Ditegur Karena Nyetel TV Terlalu Kenceng

Besoknya hari Rabu, 15 Januari sekitar pukul 5 pagi saya udah bangun tidur. 3 temen yang lain masih tepar di kasurnya masing-masing. Saya coba bangunin yang lain pake alarm full volume, rencananya biar bisa sholat subuh berjamaah si, tapi buset tetep gada yang respon. Malah ada yang sambil narik selimut lagi. Yaudah, saya wudhu di kamar mandi, lalu sholat subuh sendirian. 
kamil molor
Baru pukul 6 mereka pada bangun dan masih planga-plongo belum sadar penuh habis tidur pules. Mereka baru mau sholat, saya udah mandi siap² pake baju kaos kelas_bobrok. Sambil nungguin mereka kelar, saya main ke kamarnya Juna, Ahmad, sama Bagus tepat di depan kamar saya. Mereka juga udah siap² mau sarapan malah. Saya balik ke kamar dan yang lain udah siap, kita sarapan bareng di resto hotel.
Selesai sarapan pukul 8 pagi, semua peserta segera menuju ke bisnya. Untuk ini, saya ga bawa semua barang di tas, cuma beberapa aja yang diperlukan. Karena nantinya masih nginep 1 malam lagi di hotel ini.

Khusus hari Rabu ini kita kelas_bobrok pake baju samaan kaos kelas warna birdong. Saya bawa tasnya masuk ke bis, saya taruh di bawah kursi saya duduk karena emang muat. Dari dulu tiap SKAL naik bis sejak SD pun saya selalu bawa tasnya ke dalam bis, mamless~~ soalnya kalo naruh di bagasi luar. Nanti diteken², kalo dapat tempat agak nyelip susah juga ngambilnya. Intinya saya ga mau ribet aja, juga biar ga nambah kerjaan pak kernet bis, wkwk. 

Tujuan wisata pertama di hari ini yaitu Pantai Sanur (bagian selatan) yang berpasir hitam. Karena kalo Pantai Sanur Utara itu berpasir putih halus. Sengaja pagi² di dahuluin ke Pantai Sanur mungkin biar ga kepanasan nantinya. Padahal di buku jadwalnya masih tujuan kedua. Sampai area parkir, kita disambut sama segawon liar yang keluyuran di bawah kolong bis. Oia, di sini adat Bali masih terjaga ya, saya banyak lihat canang dan dupa bakar di bawah beberapa pohon yang dianggap keramat. 

Jadi Mbok Yanti cerita, di Bali itu kalo terdapat pohon yang gede tinggi, biasanya dianggap keramat yang dipercayai sebagai tempat tinggal roh dewa atau makhluk halus. Tapi ga semua pohon dikeramatkan. Biasanya pohon yang dianggap keramat di Bali itu bagian bawahnya dibalut dengan kain sarung bermotif kotak² putih hitam dengan garis merah untuk pohon yang ditempati makhluk halus biasa. Sedangkan pohon yang dipercaya telah ditempati roh dewa terhormat menurut kepercayaan umat Hindu Bali dibalut dengan kain sarung bermotif kotak² putih dan hitam tapi dengan garis berwarna kuning keemasan sebagai simbol kehormatan sang dewa agung.
pantai berbatu sanur selatan
mode panorama
selpoy² eak
2 mercusuar kembar
sanur selatan pasirnya hitam, beda sama sanur utara
mode panorama
Selama di kawasan Pantai Sanur, kita ya jalan-jalan, foto-foto kaya biasanya. Ada pemandangan laut yang luas dari ujung ke ujung, ada juga nelayan yang kelihatan perahu layarnya. Dirasa di sini udah puas, kita balik dulu ke area parkiran. Sembari nunggu lanjut jalan dan mumpung di dalam bis saya lagi sepi, satsetsatset saya ganti celana panjang di pojok belakang kursi, xixi. 
kami adalah bobroks
potbar sama haters :V
Awalnya kan masih pake kaos kelas sama celana jeans, nah ini saya ganti celananya doang pake celana seragam biru. Secara nanti masih ada jadwal ke Dewata Konveksi sama ziarah makam Ratu Ayu Siti Khodijah. Dan untuk mengunjungi kedia obyek ini, kita diwajibkan memakai pakaian rapi dan sopan. Saya cuma ganti celana di bis, soalnya kalo ganti baju kan gampang tinggal mojok aja minta tutupin temen bisa, biar ga kelihatan anak cewek, hwhw. Ada juga temen kelas saya yang lagi video call an sama Bu Asri yang lagi ngajar di sekolah, eh waktu itu pas istirahat ding.

Lanjut pukul 9 pagi perjalanan ke Monumen Bajra Sandhi, Kota Denpasar. Selama perjalanan, Mbok Yanti banyak cerita soal sejarah bangunan Bajra Sandhi dan kaitannya dengan peristiwa Perang Puputan Bali yang melegenda itu, habis ini saya ceritain sejarahnya. 
jalan ke bangunan utama bajra shandi
arca
kolam ikan
foto hp Samsung kamera 3 megapixel
Lokasi bangunan Bajra Sandhi ini terletak di area Lapangan Puputan Margarana. Sekilas cerita, jadi monumen Bajra Sandhi ini dibangun untuk memperingati peristiwa sejarah perang habis-habisan (Puputan dalam bahasa Bali) antara rakyat Bali dipelopori Letkol I Gusti Ngurah Rai bersama pasukan legendaris Ciung Wanara melawan penjajah Belanda yang berlangsung di kawasan lapangan Margarana, Kota Denpasar pada 20 November tahun 1946. Kalo ingin naik ke bangunan utama Bajra Sandhi, dari parkiran kita bisa berjalan masuk ke tengah kawasan yang luas ini menuju bangunannya itu sendiri di tengah². Lalu masuk ke dalam dan naik tangga berputar gitu. 
tangga berputar
ruang atas
dari jendela ruang atas
tampak kota denpasar dari atas sini

Di atas sini, kita bisa melihat sekeliling Kota Denpasar yang menawan. Lalu ada juga semacam museum yang di dalamnya terdapat pameran beberapa diorama tentang sejarah dan urutan peristiwa Perang Puputan kala itu. Di sepanjang area pameran ini terdapat beberapa AC berdiri kaya seukuran kulkas gitu. Jadi tiap kita jalan nemuin AC itu, ya segerombolan saya segera merapat ke situ grumbul² sambil nyenterin pake lampu flash HP. Tiap kita lakuin hal itu, orang² pada bingung keheranan,, “ini pada ngapain si, pake nyorotin lampu ke situ segala”. Haha, suka aja gitu bikin heboh. 
diorama Bali jaman dahulu
replika pohon beringin
pameran keris khas bali
Waktu itu saya segerombol sama Gembul (Iqbal) Plosoklaten, Agus, Hafiz, dan temen lainnya. Emang random si temennya, saya ga pilih² temen buat keliling. Kalo saya kenal orangnya, ya saya tinggal gabung jalan bareng aja. Terkadang ada orang yang lengket banget sama satu atau beberapa temen doang dan ga mau kalo harus sama temen lain yang ga disukainya. Hal ini nih, yang bikin kita ga maju, kurang adaptif dan sosialis, jadi circle pertemanannya ya kecil, cuma itu-itu aja. Udah sekitar pukul setengah 12 siang, kita semua jalan balik ke area parkir. Di sini kita duduk² nyantai aja sambil nungguin kru dan pak sopir selesai ngopi.
random aja jalanan sekitar
Setelah itu, lanjut kita ke Dewata Konveksi, Denpasar Timur untuk program edukasi melihat proses pembuatan kaos oleh² khas Bali. Sebelum itu, kita makan siang dulu dong di restonya. Waktu itu saya makan siang bareng Gembul, Hafiz, Rois Banjarmlati, Kamil, sama Cahyo. Sudah seperti biasa, saya ambil makan duluan dan habisnya pasti paling akhir dari yang lain. Saya sempet digojlok juga sama temen lain, gatau. 

Mereka yang makannya secepat kurir sicepat ato emang saya yang makannya terlalu menikmati kali ya, jadinya kalemm banget ngunyah makanan saya itu, xixixi. Sebenarnya habis lunch, udah masuk waktu duhur. Saya pengennya sholat duhur, tapi Kamil sama Cahyo nyaranin mending gausah sholat, sholat itu nomer 2, nomer 1 nya syahadat, Lah :V ya bener si. Katanya bisa nanti aja. Dengan sedikit terpaksa, saya ngikut Kamil aja. Saya bilang, “kamu ya yang nanggung dosa saya, haha”. 

Jadi lanjut kita belanja di toko oleh² Dewata. Saya keliling² nyari apa masih bingung. Yaudah pas liat kumpulan baju anak, saya keinget adik saya, Farkhan. Saya beliin kaos oblong 1 stel dengan celananya warna hitam bertuliskan 'BALI'. Jujur saja, di sini terbilang mahal, kaos anak biasa aja gitu seharga 60 rb. Emang ini di toko ternama si, maklum harganya menyesuaikan pajak dan ga bisa ditawar. 

Nah, habis itu ada jadwal kunjungan ke sentra produksi konveksi sama pie susu khas Bali sebenarnya. Tapi saya lagi malas~~, capek juga. Mending saya langsung ke bis terus istirahat sendirian aja di dalam. Malah sampe ketiduran sekitar 15 menit, hehe. Bodo amat lah, siapa juga yang peduli. Bagus juga kan istirahat siang hari, wkakak.

Pukul 3 sore, temen² udah pada masuk bis dan lanjut perjalanan untuk ziarah ke makam Ratu Ayu Siti Khadijah, Denpasar Barat. Singkat penjelasan, jadi Ratu Ayu Siti Khadijah ini merupakan salah satu waliyullah di pulau Dewata Bali. Memang wali di pulau Bali tidak sebanyak jumlah wali yang ada di pulau Jawa, kan mayoritas masyarakat Bali menganut ajaran Hindu sejak dulu. Beliau adalah seorang putri raja Bali yang sebelum masuk Islam, namanya adalah Gusti Ayu Made Rai yang kemudian dinikahkan dengan pangeran kerajaan Islam dari Bangkalan, Madura yaitu Pangeran Cakraningrat. 

Dari situ bergantilah nama Gusti Ayu Made Rai menjadi Ratu Ayu Siti Khadijah. Panjang kisah kemudian, saat wafatnya beliau, tercium aroma wangi yang sangat harum. Dan dari makamnya, tumbuh sebuah pohon Kepuh besar yang tingginya menembus atap genteng makam itu sendiri. Konon, kata Mbok Yanti, jika sewaktu kita berdoa di sekitar makam itu dan kejatuhan daun rontok dari pohon tersebut, maka sebaiknya mengambil daun itu untuk direbus kemudian air rebusannya diminum. Maka akan sembuh segala penyakit yang menyertainya. Percaya atau tidak, itulah legenda yang memang diyakini masyarakat sekitar makam sini.

Dengan adab santun, kita masuk area makam yang tidak terlalu luas ini dan segera duduk bersama satu arah ke makam. Seperti ziarah makam pada umumnya, kita dipimpin tahlil oleh Pa Ustadz Yahya. Selama sekitar 20 menit, setelah itu kita keluar area makam secara bergantian dengan memasukkan uang infaq seikhlasnya pada pangayah (nenek² penjaga makam). Yang sedikit saya heran, mengapa situs makam seorang wali dari golongan muslim di sini justru yang menjaga bukan orang muslim, melainkan seorang nenek yang menganut Hindu, ya?. 

Bukan soal rasis, bahkan saya cenderung merasakan toleransi beragama yang kental di Bali. Mungkin juga, dengan sebagian uang infaq dari para peziarah adalah sumber pendapatan bagi mereka (para pangayah) sembari untuk perawatan makam. Ini hanya dugaan saya si, bukan apa-apa. Justru ini bagus, karena situs makam pun tidak hanya dihormati oleh warga muslim saja, tapi bisa memberikan kesejahteraan hidup bagi warga Hindu sekitar makam.

Selain perawat makam, di luar area makam juga ada beberapa penjual pakaian murah dan pedagang asongan yang mencari nafkah di pinggir jalan. Beberapa teman saya ada yang membeli kaos anak di sini karena harganya sangat terjangkau bila dibandingkan dengan harga di toko maupun pusat oleh-oleh. Sempet nyesel juga si saya, baru tahu kalo kaos anak di sini terbilang murah, mana udah beliin adik kaos di toko tadi lagi. Tau gitu beli di sini bisa dapat 2 stel dari tadi, haha.
bundaran dekat unud
pas hujan
Pukul setengah 5 sore, kita berjalan kaki ke tempat parkir bis sembari kehujanan. Dan cuss.., ke pusat oleh-oleh Krisna cabang Kota Denpasar. Kita masuk sini satu-persatu dikasih stiker tanda pengunjung Krisna yang ditempelin ke baju. Setelah itu ya bebas, boleh berbelanja sepuas hati sampe kantong bolong pun boleh. Saya itu keliling lama bukan kebanyakan milih, tapi bingung kebanyakan mikir. Iya mikir mau pilih jajan mana yang cocok saya bajetnya, juga bingung milih oleh² buat orang di rumah. Akhirnya saya beli pie susu premium 1, kacang disko, Snack pedes gitu lupa namanya, sama beberapa ganci (gantungan kunci) bertema Bali. Waktu itu saya gabungin belanjaan saya sama belanjaan punya Imam Mangunrejo dan dibayar patungan aja biar ga ribet.

Setelah puas (sebenarnya aga juga si, tapi disyukuri aja) berbelanja ria, semua peserta dipersilahkan makan malam di resto Krisna. Sembari menikmati hidangan makan malam, kita juga dihibur oleh band lokal dengan sound system punya X9 Pro Audio asli dari Denpasar, yang uniknya sound system ini menggunakan loudspeaker dengan teknologi canggih, sound system anti air berbentuk persegi memanjang ke atas dengan kelebihan suara vokal yang dihasilkan terdengar sangat clarity (jernih). 
perform di resto krisna
entah, random juga
Saya cukup terhibur, bahkan Pak Hariono pun ikut nyumbang 1 lagu. Ya walaupun kebanyakan pendengar ga paham itu nyanyi lagu apaan (soalnya genre lagu klasik indo), tapi ya dinikmati saja. 

Selesai dinner dan kenyang, adalah tujuan terakhir hari ini yang akan dikunjungi. Yupz, ke hotel lagi…, kita kali kedua ke hotel Lorin ini tiba sekitar pukul 9 malam dan peserta langsung menuju kamarnya masing². Waktu itu di lorong jalan menuju kamar, Pina Manisrenggo minta saya buat bawain tas kresek bawaannya. 
lorong hotel
Ya meskipun saya capek, saya tetep bantuin dia bawa. Kelihatannya dia lebih capek, soalnya kebanyakan keliling di Krisna, haha. Lagipula 'Gue laki, go the health!' jadi ya harus kuat lah, ouwweh. Sebelum ke kamar sendiri, saya mampir dulu ke kamar Imam buat ngurus duid kembalian belanja patungan di Krisna tadi. Waktu itu saya bawa tas belanjanya yang dari Krisna daripada dibuang, sayang haha.

Setibanya di kamar, saya taruh tu barang bawaan di tas. Lalu pasang charger dan…, rebahan. Kali ini saya mau mandi giliran pertama, kalo kemarin kan Kamil duluan. OK! Untuk percubaan BAB di kloset duduk hari kedua ini saya akan pastikan berhasil. Setelah prepare sebelum BAB, saya pun mencoba duduk kaya di kursi biasa. 5 menit mempertahankan posisi duduk, sambil beberapa kali 'ngedhen' tetap tidak membuahkan hasil. 

Akhirnya dengan beberapa pertimbangan teknis BAB, saya memutuskan untuk mengubah posisi dari duduk menjadi jongkok. Yup, jongkok diatas kloset duduk. Ga lama kemudian, tekanan dalam perut menguat mendorong ke bawah si doi kuning, dan keluarlah ia. Jadi lega, langsung pencet tombol buat siram air deh. (Oia, dulu waktu SKAL MTs di Jogja, saya juga ngelakuin ini di hotel bahkan secara tak sadar).

Adegan ini sebenarnya ga disaranin ya, soalnya menurut beberapa kejadian yang sudah², pernah tuh ada kasus orang lagi BAB di kloset duduk tapi dengan posisi jongkok. Penyebabnya ya sama, soal doi (ta*) yang ga mau keluar kalo sambil duduk. Jadi orang tadi jongkok tuh, naik diatas kloset yang tingginya kira² selututborang dewasa. Dan gubrakk!! Dia amblek (jatuh) dengan paha bagian bawah penuh darah karena toilet berbahan porselen tadi pecah mengenai pahanya. Fyuhh, ngeri deh. Tapi kenapa saya ga kejadian kaya gitu juga ya?. 

Nah gini, pertimbangan saya waktu itu jongkok di toilet duduk soalnya berat badan saya masih mampu lah kiranya ditahan konstruksi kloset. Sedangkan kasus orang tadi kemungkinan besar karena bahan kloset porselen yang ga kuat nahan beban diatasnya. Jadilah ia pecah, pecahan porselen itu pasti tajam dan mengenai paha bawah serta betis orang tadi hingga berdarah. Intinya kalo mau maksain jongkok di kloset duduk dikira² dulu lah, ini nanti kuat apa gak nahan beban diri ini, gitchuu. 

Lah, saya bahas BAB aja bisa segini panjangnya yak, tapi gapapa deh kalo bermanfaat isinya, hehe. Lanjut lagi pas di hotel beres BAB plus mandi bersih, saya ganti pakaian kaos ungu dan celana training hitam MTs dulu. Lalu saya menata siapin urutan baju dan barang buat kegiatan terakhir hari Kamis besok. Waktu itu temen lain lagi nyantai di luar gatau kemana, saya mending di kamar aja preparing buat besok sambil nyetel lagu dangdut di TV kamar pake flashdrive (pemberian Intan Man) kenceng². 
nyetel TV kamar, kebetulan sinetron dunia terbalik rcti
Sampe ada guru kamar sebelah (B. Dewi Ais) yang negur kalo nyetel TV jangan kenceng² suaranya, haha. Padahal kamar hotel tuh udah didesain kedap suara (suara dalam kamar tidak bisa keluar), tapi ini kok tetep kedengeran dari kamar lain yak. Mungkin sangking gede nya volume TV kamar sini si, wqwq.

Pas saya lagi nata (nyusun) baju, tiba² nongol Rois dari jendela luar masuk ke kamar. “Eh, ngapain, Is?” celetuk saya. Rois: “Ini Lil, jadi pintu kamarku kekunci dari luar, dan ga bisa dibuka dari dalam, jadi ya aku lewat kamarmu ntar aku buka kamarku dari luar, gitu”. Saya tanya lagi, “Lah kok bisa lewat jendela si?”. “Iya, emang ada jalannya kok, tuh liat!”. Lalu saya tengok keluar dan emang ada balkon kecil di tiap jendela luar kamar buat tempat blower AC. 

Jadi bisa buat nyeberang antar kamar. Yang saya heran, kok kepikiran dan 'kendhel' (berani) gitu loh si Rois nya. Secara ini nyeberang di balkon yang lebarnya kurang dari ½ meter dan parahnya ini ada di lantai 3 bangunan hotel. Kebayang kan, ngeriinya. Apalagi malem², trus minim cahaya, beuuhh. Kalo sampe kepleset sedikit, trus jatuh. Gatau deh bakal kaya gimana jadinya, khu khu khu.

Setelah itu, dia balik ke kamarnya dan bisa kebuka. Sebenarnya bisa si kali mau minta tolong karyawan hotel, cuma dia mikir nanti kelamaan, jadinya langsung beresin sendiri ajha. Ga lama kemudian, temen sekamar Rois, Mbah Imam, masuk pula ke kamar saya. Yah pengen main aja katanya. Dia nonton TV, saya ya masih beresin nata baju yang belum kelar dari tadi, soalnya ada aja yang dateng ke kamar. Setelah 1 jam an, akhirnya kelar juga saya nata baju di tas. 

Karena udah beres semua dan gabut, saya main balik aja ke kamar Mbah Imam, Rois, Agus, sama Gembul. Saya malam ini mau tidur di kamar mereka, biar ada sensasi baru gituh. Saya bawa HP sama snack doang ke sana nya. Lagian ngapain juga bawa barang banyak², orang cuma numpang tidur di kamar sebelah, haha. Bomat lah, saya langsung tidur aja di kamar baru, xixi. Udah malem juga sekitar pukul 12 WITA lebih. Dan waktu berjalan tanpa terasa (soalnya tidur, hehe). 

Tiba-tiba udah mau pagi aja, karena saya biasa kebangun sekitar pukul 5, yaudah bisa bangun gitu aja meskipun ga lagi di rumah. Ternyata yang lain masih molor tepar, xixixi. Saya coba bangunin Imam minta anterin balik kamar sendiri, dan dia juga mau. Ohiya, sebelumnya saya numpang kencing dulu di kamar sini, baru jalan. Pas saya masuk kamar sendiri, hmm.. sama aja kaya kemarin masih tepar semua, damn! Saya segera mandi dan sholat subuh duluan. Lalu yang lain lagi mau bangun tidur, *eh, udah pukul setengah 6 aja. 
selpi di pintu lemari
tampak patung gwk dari kejauhan
Mumpung nganggur, sambil nungguin yang lain selesai mandi, saya sempetin poto² sekitaran kawasan hotel dari dalam kamar aja. Dari jendela kamar, tampak dari arah timur ada patung GWK keliatan kecil dari jauh, (padahal aslinya gede megah banget). Masih dari jendela kamar, para karyawan armada bis Mahkota ternyata udah bersih² bisnya aja. Udah kinclong waktu saya lihat dari atas.
dari jendela kamar, deretan bis selesai dicuci
depan hotel ada lapangan golf
di sana ada samudera hindia
jepretan sendiri, tapi pinjem hp realme nya kamil
si bobok-cung
sunrise di ufuq timur, kalo di barat ya qiyamat

DAY 4 ~Numpang ngadem di Joger Luwus


Sekitar pukul setengah 7 hari Kamis, 16 Januari kita mulai pagi hari keempat, hari terakhir kegiatan SKAL ini dengan sarapan bersama di resto hotel. Menunya spesial kali ini, ada bermacam hidangan lauk dan sayur, sate ayam pun ada. Saya sarapan di samping Cahyo waktu itu. Selesai sarapan dan kenyang, kita semua balik dulu ke kamar buat ambil tas sama barang bawaan lain. Oia, hari keempat ini semua peserta diwajibkan pake seragam biru khas, soalnya nanti ada kunjungan ke Istana Kepresidenan Provinsi Bali yang ada di daerah Tampaksiring, Kab. Gianyar. 

Setelah persiapan, semua barang dimasukin tas tanpa terkecuali, kita segera keluar hotel, lalu masuk ke bis
masing-masing dan menikmati hari² terakhir kegiatan SKAL. Capek si sebenernya udah 4 hari keliling terus, tapi ya gimana lagi yak, ini di Bali, jauh dari rumah. Trus mau nginep di mana lagi coba. Mending dijalanin sambil dinikmati aja, kapan lagi jalan bareng temen² seangkatan kaya gini.
kawasan greenpark Pecatu indah resort
Pukul setengah 9 tepat, kita mulai perjalanan menuju Istana Presiden Tampaksiring. Dan benar dugaan, pas di perjalanan dalam bis, semua pada tepar ketiduran saking capeknya. Ada yang semalem begadang katanya, pas ditanyai Mbok Yanti, makanya pas pagi jadi tepar, haha. Selama di perjalanan, Mbok Yanti tuh banyak banget cerita (ya emang udah kerjaannya tour guide si buat cerita). Kali ini perjalanan ke Tampaksiring melewati rute Jalan Tol Bali Mandara yang dibangun sepanjang 12,7 Km diatas laut. 
Hah? Tol nyeberang laut? Iya bener, tol pertama di Bali ini memang dirancang untuk menghubungkan wilayah Nusa Dua, Ngurah Rai, sama Benoa agar memudahkan mobilitas masyarakat. Apalagi di sini juga tempatnya Bandara Internasional Ngurah Rai. Jadi ya, harusnya para wisatawan dan turis asing ga bingung² lagi agar cepat sampai ke lokasi yang dituju dengan tol ini.

Waktu itu pukul 9 pagi lautnya lagi surut tuh, nah jadinya pas lewat di atas tol ini, dasar laut yang ga terlalu dalam bisa kelihatan dari atas tol. Ternyata disitu banyak tanaman Mangrove (pohon bakau) di dasarannya. Tentu saja tanaman ini berfungsi sebagai penahan tanah di sekitar pondasi tiang jalan tol Mandara ini. Sekaligus sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan mendukung program penghijauan.

Kita sampe di area Istana Tampaksiring pukul 10. Ketujuh bis berparkir rapi di halaman depan. Lalu semua peserta berbaris menjadi 4 kelompok besar kemudian secara bergiliran masuk ke tempat pengecekan tamu. Di sini, kita akan melewati sebuah gerbang seukuran pintu rumah untuk dipindai dengan mesin logam detector menggunakan sinar X-RAY. Sebelumnya, jika terdapat benda logam yang menempel di badan tamu misalnya gesper, HP, atau jam tangan, maka disuruh melepas dulu sebelum melewati gerbang pemindai. 
coba cari saya yang mana
Tujuan gerbang ini sebenarnya adalah jika diketemukan benda logam berbahaya berupa sajam, senpi atau benda berbahaya lain pada badan tamu, maka tamu tersebut tidak diperkenankan memasuki istana presiden demi keamanan bersama.

Selesai tahap pengecekan, masih dengan 4 kelompok yang diatur tadi (dengan sedikit perubahan posisi, soalnya masih ada yang pengen deket sana ini itu antar temen). Jadi dalam setiap kelompok akan dipandu oleh 1 tour guide khusus dari pihak istana yang akan menjelaskan berbagai sejarah bagian bangunan dan benda yang ada di sini sambil berkeliling area dalam istana. Jika peserta ingin bertanya seputar Istana Tampaksiring pun boleh, (asal bukan nanya soal jodoh aja, cyaa).
di taman istana tampaksiring
Oia, sekedar info, Istana Tampaksiring ini merupakan satu-satunya istana kepresidenan yang dibangun pada masa setelah Indonesia merdeka, yakni dibangun pada tahun 1957 di kawasan atas bukit. Jadi pas pertama masuk gerbang tuh hawanya sejuk dan tenang banget. Ditambah lagi banyak pohon² gede dan rumput ijo alami yang bikin hati jadi damai. Mantep deh pokoknya.

Kompleks Istana Tampaksiring ini terdiri dari 5 gedung utama dan 1 balai pendopo. Beberapa gedungnya ternyata memiliki nama tersendiri lho. Misalnya Wisma Merdeka yang difungsikan sebagai ruang presiden beserta keluarga dan tamu-tamu penting. Ada juga Wisma Negara, Wisma Yudhistira, Wisma Bima, ruang konferensi serta Balai Wantilan dengan fungsi-fungsi tersendiri. 
depan garasi mobil kepresidenan
Disaat rombongan kelompok sampai di depan garasi mobil presiden, 1 teman kita namanya Azam ingin istirahat dulu. Saya lihat wajahnya emang pucat si, mungkin kecapekan kali ya. Jadinya dia ga ikut jalan lagi dan istirahat sementara di UKS istana. Ditengah-tengah perjalanan keliling kompleks istana, saya sempat kepikiran, kayanya enak banget yah andaikan sayang bisa tinggal di tempat istimewa dengan gedung dan fasilitas serba indah di sini. Hmm.. yah gitulah kiranya kalo wong ndeso macam saya baru pertama ke tempat sekelas istana, alias norak, wkakakak.
ruang konferensi
Karena istana ini dibangun di atas bukit, ternyata di samping bawah bukit ini terdapat wilayah pedesaan yang bisa dilihat dari atas. Saya sempat foto desanya. Waktu itu Roju Banggle yang minta difotoin di situ. Keren banget view nya di sini.
pedesaan di bawah bukit
mamang roju
Setelah puas berkeliling seluruh gedung kompleks istana, kita semua istirahat di area parkir bis di depan. Saya kebelet pipis juga waktu itu, kebetulan Roju ngajak ke toilet, yaudah deh kita pipis bareng, busett (maksudnya ke toiletnya barengan gitu loh, aja). Lalu kita makan siang di sini juga dengan menu nasi kotak, yeey… biasa aja si. Awalnya saya kira makan siang di resto padahal. Ternyata pake naskot lagi… naskot lagi, hoho. Oia, di sini saya juga sempet minta fotoin Aa' Singonegaran. Saya pengennya pake pose ndongkrong (jongkok) biar kaya foto SKAL MTs dulu. Tapi nyatanya masih tangan dan imut saya yang dulu, khu khu. Kalo sekarang mah tambah gamnteng aja si, xixixi.
Doeloe
Now, hehe
Habis itu sebagian ada yang langsung ganti baju dari seragam khas ke baju bebas buat perjalanan ke tempat yang santai nantinya. Kalo saya masih pake seragam aja, hehe.

Pukul 1 siang kita lanjut gas ke toko Joger Luwus, Kab. Tabanan buat belanja ria untuk orang tersayang kali kata Mbok Yanti. Soalnya tau sendiri lah, di pabrik kata-kata alias TeMan (tempat penyaman) alias pusat oleh² Joger ini terkenal dengan kualitas bahan pakaian dan aksesoris yang sangat bagus (katanya). Jadinya ya…, kalo kata pepatah Jawa “Rego Nggowo Rupo” emang bener. Alias harga semua barang yang dijual di Joger terbilang tidak terjangkau bagi kaum rakjel (rakyat jelata), hwa hwa.

Selama perjalanan sampe ke Joger, Mbok Yanti ngasih tau kalo nanti masuk Joger, kita dianjurkan buat ga bawa tas sama ga pakai jaket. Katanya biar ga dicurigai ngambil sesuatu di sana sama karyawannya. Akhirnya saya ganti atasan baju Hem Koko abu² doang, celananya tetep celana seragam biru yang tadi. Dan cuma bawa HP sama duid di saku.

Pukul 2 siang sampe di sini dan langsung semuanya masuk toko Joger yang udah padat banget di dalam. Ternyata ada rombongan SKAL daerah lain yang juga masuk. Saya di dalam sini istilahnya cuma ngadem doang. Gimana enggak, lihat² harga barang aja udah merinding apalagi dibeli pake duid recehan saya ini, wqwq. Jadinya ya jalan ngikut temen yang ada aja sambil sesekali liat² harga tapi ga diambil barangnya. 

Yang saya suka di Joger ini tuh tiap barang yang dijual entah apapun itu mulai baju, celana, topi bahkan aksesoris macam gantungan kunci pun dipasang chip pengaman. Jadi semisal ada barang yang terpasang chip itu kemudian dibawa keluar ruangan maka gerbang pemindai pun akan bunyiin sirine “ninuninu” penanda ada barang keluar tanpa dilepasnya chip pengaman. Alias ga dibeli, alias dicuri. Kalo barang itu dibeli, pasti kasirnya bakal ngelepasin itu chipnya. Nah ini inovasi yang keren sekaligus penting si demi keamanan juga.

Karena hampir setengah jam saya keliling sama beberapa temen, ya tetep aja ga beli apa², soalnya emang ga niat beli, haha. Akhirnya saya keluar dari Joger dan diajak Mahesa ke toko baju di seberang jalan depannya Joger Luwus. Saya masuk ya cuma lihat² doang. Banyak si baju kaya kaos oblong gitu di sini. Tapi kok, ukurannya gede² oversize gitu. Mungkin toko ini emang buat sasaran turis bule yang postur tubuhnya emang gede kali ya. Untuk harga di sini relatif lebih terjangkau lah dari Joger, tapi ya tetep aja saya ga beli, haha.

Pukul setengah 4 sore kebetulan cuaca waktu itu lagi panas terik. Saya ngadem sama temen² di parkiran halaman Joger. Ga lama kemudian semua peserta disuruh masuk bis masing². Ternyata bakal ada perpisahan sama Mbok² tour guide. Secara ini adalah kegiatan terakhir SKAL, jadi ya kudu pisahkan lah sama mereka. Ya kali tour guide-nya yang orang Bali mau ngikut pulang ke Kediri, haha. Selesai perpisahan dalam bis, para Mbok² tour guide itu turun dari bis dan naik angkot pulang lagi ke tempat asalnya.

Terus pukul 4 akhirnya kita lanjut jalan. Pas ini sebenernya semua pada ngira kalo mau cuss ke Candi Kuning Bedugul si. Tapi ya lanjut aja nurut pihak biro travelnya. Waktu perjalanan sampai di daerah pegunungan Batur di kawasan hotel angker yang udah ga beroperasi lagi, sebelum lewat kawasan ini kita pasti akan melewati tikungan yang kalo lewat sini nanti disuruh nunjukin kartu pelajar ke jendela bis sama tour leadernya.

Dan kalo ga nunjukin, katanya bakal ada polisi yang nyetop bis kita dan bagi peserta yang ga bawa kartu pelajar bakal disuruh turun di sini sama pak isilop. Pas dibilangin gini sama tour leader bis, saya awalnya agak ragu gitu sih, yakali kalo cuma ga bawa kartu pelajar bakal ditahan isilop, ga lucu sumpah. Temen² juga sempet bingung awalnya, tapi kalo dipikir² ini kok gini, aneh ahahah.

Ternyata oh ternyata, pas ngelewatin tikungan yang dimaksud tour leader itu emang bener ada isilop, tapi berupa patung tiruannya doang. Abis lewat situ, yaudah jalan terus. Yakali patung diem doang mau berentiin bis, kecuali patungnya ditaruh di tengah jalan si bisa, haha. Sekedar info aja, ternyata emang seperti ini salah satu bagian cerita dari tour leader bis yang lagi wisata ke Bali dan pasti lewat sini. Saya tahu ini dari nonton video youtube SKAL nya anak SMA daerah lain dan emang sama cara penuturan tour leader bisnya itu kaya pas ceritanya tour leader saya waktu itu.
jalanan pegunungan batur
gunung batur
danau batur
Oia, rute terakhir ini melewati jalur pegunungan Batur yang jalannya naik turun belak-belok gitu. Di sisi kanan jalan ada tebing berpohon, di sisi kiri jalan ada jurang yang mengarah ke Danau Batur. Dari sore hingga sekitar pukul 10 malam kita perjalanan dan mampir ke resto terakhir di Bali buat makan malam sama sholat Isya'. Waktu mau sholat, Syahru bilang kalo celananya kotor. Terus dia pinjam sarung saya tuh, saya pinjemin deh. 

Selesai ini, kita lanjut ke pelabuhan penyeberangan Gilimanuk lagi. Sampe sana pukul setengah 12 malam. Kita semua turun dari bis dan bareng² masuk kapal penyeberangan. Seperti biasa, pas di atas kapal saya minum Tolakangin langsung dari sachetnya. Biar ga masuk angin sama mabuk laut. Sekitar kurang dari 1 jam akhirnya sampai ke pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.
naik kapal lagi
ini pas tengah malam jumat
Setelah itu, semua masuk bis masing² lagi dan hampir dipastikan semua peserta bakal tidur kecuali pak sopir dan kernetnya. Secara ini adalah perjalanan terakhir dan pastinya udah capek setelah 3 hari keliling pulau Bali. Saya pun demikian, tertidur pulas di kursi bis sampai menjelang pagi.

DAY 5 ~Keenakan Molor, Jumatan pun tertinggal

Hingga pada keesokannya yaitu hari kelima, hari Jumat pagi masih subuh sekitar pukul 5 WIB kita mampir ke rest area di jalur Tol Mojokerto buat istirahat sama sholat subuh. Ga bisa dipungkiri kalo semuanya masih belum sadar full waktu itu. Soalnya kondisi tubuh capek, ngantuk oulaa, terus dipaksain bangun waktu pagi² buta. Ya gitu deh, kaya malas beranjak keluar dari tempat duduk bis yang nyaman buat tidur (sebenernya ga nyaman juga si, tapi emang ga ada tempat tidur selain di kursi aja, haha).

Semua diberikan hak buat ngehirup udara segar lagi setelah semaleman tidur rame² se bis yang baik AC nya… fyuhh, ampek ga karuan gitu deh. Lalu temen² pada wudhu yang kebetulan di rest area tol ini (gatau kilometer berapa) ada mushola nya buat pengendara umum beribadah. Habis itu kita sholat subuh berjamaah yang jadi imam kebetulan Pak Minun sarpras. Oia, saya ketinggalan 1 rokaat si sama beberapa temen, jadinya ya jadi makmum masbuq deh. (Biasalah, sholat duhur ashar di Man pun sering masbuq juga, wqwq). 

Selesai sholat, masih ada waktu setengah jam an sebelum lanjut jalan lagi. Saya yang gabut ga ngapa-ngapain, asal ngikut temen aja kemana-mana. Pas ke toilet mushola, saya ngikut Faiz. Lalu diajak Syahru ngopi di warung lokal rest area. Itu ngopinya patungan, tapi bayarnya pake duid saya dulu. 1 cup kopi cappuccino seharga 7 rb (mahal yak). Oleh sebab itu, saya sempetin foto sambil nyruput kopi buat difotoin sama Mahesa. Tapi ya tetep aja burik meskipun foto sama kopi "mahal", haha. 

Sebelum itu, pas nunggu kembalian dari mbak penjual kopi, kita disuruh cepetan masuk bis. Mana kopinya masih panas lagi, saya belum sempet nyeruput juga. Yaudah kopi yang tadinya di gelas, di pindah ke cup, tapi saya ga sempet ambil sedotannya yang kecil gepeng itu. Udah diburu-buru soalnya. Nah, habis masuk bis, baru ini saya minta Mahesa buat fotoin saya sama kopi ini. Ga lama kemudian, kita lanjut perjalanan kembali ke tempat asal, Mansa Kodri.
potret sambil nyruput kopi
Sekitar 1 jam baru nyampe jalan depan Man, soalnya kita ada mampir ke pom dulu, (padahal ga ngisi BBM si bis yang saya tumpangi, cuma nungguin bis lain, mungkin biar barengan gitu pas nyampe Man nya). Dari pukul 5.30 saya di SMS bapak, “Le, udah sampek mana?” yang waktu itu baru aja mampir di rest area tol Mojokerto. Kenapa bapak SMS kaya gitu? Emang dari SD dulu si tiap mau pulang SKAL, saya kudu ngasih kabar ke bapak buat dijemput nantinya. 

Nah karena belum tau estimasi kapan tiba di Man, bapak bilang ke saya biar dijemput sama Pak Mukhtar papanya Pradina tetangga saya. Soalnya bapak ya mau berangkat kerja jam segitu, jadinya ga bisa jemput. Tapi… saya SKAL kali ini molor banget. Baru nyampe Man udah siangan sekitar pukul 7.30. Dari keterangan di jadwal si harusnya pukul 4 pagi diperkirakan udah tiba di Man, biasalah udah jadi kebiasaan suka molor gitu mah.

Tapi gapapa si, telat asal selamat. Ya, kita semua pulang dengan selamat sampe depan gerbang madrasah yang di sana udah banyak motor sama mobil para orang tua maupun penjemput yang nungguin anaknya pulang SKAL. Saya turun dari bis bawa tas sama beberapa kantong kresek oleh². Keliatan ga banyak emang, tapi udah lumayan lah buat orang rumah. Lalu saya dipanggil Dina diajak masuk mobil Honda Mobilio papanya, dan saya pamit duluan sama Faiz, Kamil, Cahyo yang masih nunggu di sana, terus saya langsung pulang naik mobil bertiga sama Dina dan papanya.

Dan pukul 8 atau 8.30 pagi (lupa pasnya jam berapa) saya sampe rumah. Saya langsung masuk rumah, taruh tas sama barang bawaan di ruang keluarga. Waktu itu cuma ibu yang di rumah, Farkhan adik saya lagi sekolah, sementara yang lain kaya emak sama mbahkung cari rumput di Tegal (kebon) Jomblang waktu itu. Ibu yang ngeluarin barang² saya dari tas, liat apa aja yang dibawa. 

Saya mau mandi aja, risih soalnya dari Senin sampe Jumat cuma mandi 6 kali pas di hotel doang. Sebelum mandi saya berak dulu terus keramas baru deh mandi yang puas. Nah habis mandi, perut saya kok kemrucuk, eh ternyata laper. Secara sedari pagi ga sarapan, cuma minum kopi sama susu Realgood 1 doang. Pastinya ya laper dong. Terus saya ke dapur, eh kebetulan waktu itu ibu masaknya jangan (sayur) sambal tumpang khas Kediri, mantapp. Udah deh, makan sepuasnya sampe mblenger saya.

Habis makan dan kenyang, saya ngerasa kok agak ngantuk, yaudah saya pengennya rebahan sebentar gitu di kamar. Dan boom, bangun² udah pukul 1 siang aja buset. Berarti saya tadi ga sholat Jumat dong, duh. Udah gitu ga ada yang bangunin lagi, mungkin pada kasian juga ya, ngeliat saya kecapekan, orang² pada biarin aja nanti ga enak sama saya. 

Akhirnya saya sholat duhur sama mengqodho sholat yang 'sengaja' saya tinggalin pas di Bali kemarin. Ini juga karena ngikut ajarannya si Kamil si, *eh. Udah, habis itu sorenya saya bagi² tuh oleh-oleh yang saya beli kemarin. Saya ada bawa pie susu Menik 5 kotak yang dibeli langsung di pabriknya sama Mbok Yanti secara kolektif kemarin, terus ada pie susu Krisna Premium 1 kotak, kacang disko, baju 1 stel nya Farkhan, sama beberapa ganci (gantungan kunci bertema Bali). Pas sorenya itu, Farkhan sama bapak main ke rumah simbol seperti biasa sama mau ngasih oleh² pie susu.
5 ganci bertema bali

nih 1 gigitan ajah buat kamoeh :V
Tujuan saya nulis ini sebagai sarana refleksi dan ungkapan rasa syukur aja sekaligus sebagai pengingat² kali saya udah pernah ke Bali.

Sekian cerita perjalanan SKAL Mansa goes to Bali dari saya yang ditulis secara singkat oleh saya sendiri. Semoga ada manfaat yang diperoleh setelah baca tulisan ini (kayanya ga ada deh, hwhw).

Thanks, ^_^
Regard,
UAI 


Author

Superisom Ulil

Seorang bocah yang suka hal-hal baru, apalagi gratisan. Mau temenan? FB saya @Superisom Ulil. Add sekarang atau nggak sama sekali‼

Silahkan anda berkomen maupun curhat disini, kalo mau ngasih duid temntu sangat boleh, haha